#Wabah CoronaLAPORAN KHUSUS

Laboratorium di Wuhan yang Dicurigai sebagai Asal Virus Corona Justru Didanai AS

Beijing (SI Online) – Pejabat dan media Amerika Serikat (AS) menuduh virus corona baru, COVID-19, berasal dari laboratorium di Wuhan, China.

Laboratorium yang jadi sorotan dunia itu bernaung di bawah Institut Virologi Wuhan.

Media AS, Fox News, melaporkan, virus yang hingga Jumat (17/4/2020) sudah menewaskan lebih dari 145 ribu orang di seluruh dunia itu berasal dari laboratorium di Wuhan bukan sebagai senjata biologis, melainkan sebagai bagian dari upaya China untuk menunjukkan bahwa upayanya guna mengidentifikasi dan memerangi virus sama atau lebih besar dari kemampuan AS.

Laporan Fox News dan media AS lainnya menyatakan, laboratorium Wuhan tempat eksperimen virologi dilakukan dan lemahnya standar keselamatan di sana menyebabkan seseorang terinfeksi dan muncul di pasar “basah” terdekat, tempat virus mulai menyebar.

Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo, dalam wawancara dengan Fox News Channel setelah konferensi pers Trump, mengatakan, “Kami tahu virus ini berasal dari Wuhan, China, dan bahwa Institut Virologi hanya beberapa mil jauhnya dari pasar ‘basah’.”

“Kami benar-benar membutuhkan pemerintah China untuk membuka diri dan membantu menjelaskan bagaimana sebenarnya penyebaran virus ini,” kata Pompeo. “Pemerintah China perlu berterus terang,” katanya lagi.

Sebelumnya, pada konferensi pers Gedung Putih, Presiden Donald Trump ditanya tentang laporan virus yang melarikan diri dari laboratorium Wuhan, dan dia mengatakan dia tahu tentang hal tersebut.

“Kami sedang melakukan penyelidikan yang sangat teliti terhadap situasi mengerikan yang terjadi ini,” katanya. Namun, dia menolak membahas itu dengan Presiden China Xi Jinping dengan alasan tidak pantas.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close