#PSBB JakartaNASIONAL

Ridwan Kamil: Warga Jakarta Jangan Berwisata ke Jawa Barat

Jakarta (SI Online) – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meminta warga DKI Jakarta tidak bepergian atau berwisata ke wilayah provinsi Jawa Barat seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Imbauan RK ini setelah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat untuk pengendalian pandemi COVID-19.

“Kami mengimbau warga Jakarta, selama PSBB ketat, jangan dulu bepergian, berwisata ke Jawa Barat. Karena hampir lebih 70 persen di Puncak, kan, warga Jakarta,” ujar Ridwan Kamil, Selasa, 15 September 2020, seperti dilansir Viva.co.id.

Jika warga Jakarta tetap bepergian ke daerah penyangga, menurutnya, itu sama dengan meningkatkan potensi sebaran COVID-19 di daerah lain.

PSBB secara ketat bisa hanya berlaku di Jakarta, sementara di kawasan sekitarnya menjadi dipenuhi warga Ibu Kota.

Dalam rangka mendukung langkah pemerintah DKI Jakarta memberlakukan PSBB ketat, pemerintah Jawa Barat tengah menginventarisasi warga yang bermukim di Jawa Barat yang terdampak. Sebab, sedikit atau banyak, mereka yang terutama bekerja secara informal di Jakarta, seperti pedagang kecil, menjadi yang paling terdampak dan tak dapat berjualan.

Maka, pemerintah Jawa Barat maupun kabupaten/kota di provinsi itu mesti menghitung ulang bantuan sosial yang mesti diberikan.

“Sedang dihitung berapa jumlahnya; apakah selama PSBB ketat itu di-support dana provinsi atau pusat. Setiap keputusan DKI pasti punya pengaruh regional, juga nasional,” katanya.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button