ZISWAF

Zakatel Salurkan Bantuan Biaya Pendidikan untuk 90 Siswa SMP Telkom

Bandung (SI Online) – Lembaga Amil Zakat (Zakat) Zakatel kembali menyalurkan program bantuan biaya pendidikan khususnya bagi siswa siswi yang tidak mampu dan orang tuanya terdampak pandemi Covid-19.

Jumat, 27 November 2020 lalu, Zakatel menyalurkan bantuan kepada siswa siswi di SMP Telkom yang berlokasi di Jl. Radio Palasari Kec. Dayeukolot Kab. Bandung. Zakatel menyerahkan bantuan biaya pendidikan kepada 90 siswa dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp100 juta.

Dalam sambutannya, Ketua Zakatel H. Abdul Rohman menyampaikan, Zakatel sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf mempunyai misi melakukan program kesejahteraan kepada kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Setelah kami melakukan pengumpulan atau penghimpunan dari para muzaki dan para aghniya maka kami mempunyai kewajiban untuk menyalurkan kepada yang berhak menerimanya sesuai prinsip aturan syariah,” ungkapnya.

Sementara dalam penyalurannya, sambung Abdul Rohman, ada yang bersifat konsumtif seperti penanganan dan bantuan bencana serta aspek kedaruratan lainnya. Sedangkan yang bersifat produktif seperti bantuan modal usaha, bantuan ekonomi dan program pemberdayaan lainnya.

“Seperti program bantuan biaya pendidikan ini masuk katagori pemberdayaan karane pendidikan ini sifatnya jangka panjang. Sebagaimana yang kita pahami bersama bahwa pendidikan adalah salah satu pilar dalam menyiapkan dan melahirkan generasi yang cerdas lahir dan batin,”sambungnya.

Ia menambahkan bahwa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 10 bulan ini mempunyai dampak disegala bidang, bukan hanya dari segi kesehatan dimana banyak masyarakat yang terpapar bahkan hingga meninggal dunia, juga dari segi ekonomi banyak usaha yang gulung tikar, pekerja yang kena PHK dan sebagainya.

“Juga yang tidak dapat dipungkiri adalah berdampak dalam dunia pendidikan, dimana salah satunya banyak orangtua siswa yang di PHK, berkurangnya pendapatan bahkan kehilangan pekerjaan dan penghasilan,”ungkapnya.

Untuk itulah sebagai salah satu wujud kepedulian Zakatel terhadap dunia pendidikan maka pihaknya menyalurkan program bantuan biaya pendidikan tersebut.

1 2Laman berikutnya
Back to top button