#Bebaskan PalestinaINTERNASIONAL

Profil Yahya Sinwar, Kepala Biro Politik Hamas yang Baru

Gaza (SI Online) – Yahya Al-Sinwar terpilih sebagai ketua Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) di Jalur Gaza. Ia lahir pada tahun 1962. Israel menangkapnya beberapa kali dan menjatuhkan hukuman empat kali hukuman seumur hidup sebelum ia dibebaskan dalam kesepakatan pertukaran tahanan pada tahun 2011. Dia kemudian terpilih sebagai pemimpin gerakan di Jalur Gaza pada tahun 2017 dan sekali lagi pada tahun 2021.

Israel menganggapnya sebagai arsitek operasi pertempuran Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023, yang menimbulkan kerugian manusia dan militer di pihak Israel serta mengguncang citra badan intelijen dan keamanannya di mata dunia. Israel sendiri menamani perang ini sebagai operasi “Pedang Besi” di Jalur Gaza yang dilakukan sebagai respons terhadap operasi Badai Al-Aqsa.

Yahya Ibrahim Hassan Al-Sanwar lahir pada tanggal 7 Oktober 1962 di kamp pengungsi Khan Yunis di Jalur Gaza selatan. Keluarganya mengungsi dari kota Majdal, timur laut Jalur Gaza, setelah Israel mendudukinya pada tahun 1948 dan mengubah namanya menjadi “Ashkelon” (Ashkelon).

Ia menerima pendidikannya di Khan Yunis Secondary School for Boys, sebelum menempuh Pendidikan perguruan tinggi di Universitas Islam Gaza dan lulus dengan gelar Sarjana di Departemen Studi Arab.

Dia tumbuh dalam keadaan yang sulit dan di masa kecilnya terkena dampak serangan dan pelecehan berulang kali terhadap penghuni kamp pengungsi oleh penjajah Israel.

Pada tanggal 21 November 2011, Sinwar menikah dengan Samar Muhammad Abu Zamar, seorang wanita Gaza pemegang gelar master di bidang Ushuluddin dari Universitas Islam Gaza. Mereka memiliki seorang putra bernama Ibrahim.

Aktivitas Politik

Yahya Al-Sinwar memiliki aktivitas kemahasiswaan yang menonjol selama masa studinya di perguruan tinggi karena ia adalah anggota aktif Faksi Islam, yang merupakan cabang mahasiswa Ikhwanul Muslimin di Palestina.

Beliau menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Teknis dan kemudian Komite Olahraga di Dewan Mahasiswa Universitas Islam Gaza, kemudian sebagai Wakil Presiden Dewan dan kemudian Presiden Dewan.

Aktivitas kemahasiswaan membantunya mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang membuatnya memenuhi syarat untuk mengambil peran kepemimpinan dalam gerakan Hamas setelah didirikan pada tahun 1987.

Ia mendirikan, bersama Khaled al-Hindi dan Rawhi Mushtaha – atas perintah Sheikh Ahmed Yassin – pada tahun 1986 sebuah sel keamanan yang disebut Organisasi Jihad dan Dakwah yang dikenal sebagai “Majd.”

Misi organisasi ini adalah untuk mendeteksi dan mengejar agen dan mata-mata pendudukan Israel, selain melacak petugas badan intelijen dan keamanan Israel. Organisasi ini segera menjadi inti pertama untuk mengembangkan sistem keamanan internal gerakan Hamas.

Penangkapan dan Kehidupan Penjara

Dia ditangkap pertama kali pada tahun 1982 karena aktivitas kemahasiswaannya. Dia berusia 20 tahun pada saat itu. Dia ditempatkan di tahanan administratif selama 4 bulan. Dia ditangkap kembali seminggu setelah pembebasannya dan tetap di penjara selama 6 bulan bulan tanpa pengadilan. Pada tahun 1985, dia ditangkap lagi dan dijatuhi hukuman 8 bulan.

1 2 3 4 5Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button