ORMAS ISLAM

Bersama Masyarakat, JAS Tasikmalaya Bersihkan Sampah di Sungai Cidukuh

Tasikmalaya (SI Online) – Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Ansharu Syariah bersama masyarakat membersihkan gunungan sampah di Sungai Cidukuh Kota Tasikmalaya.

Ketua Jamaah Ansharu Syariah Tasikmalaya Ruby Barokah menerangkan, kegiatan ini berawal dari pengaduan warga setempat kepada pihaknya untuk dapat meminimalisir volume limbah sampah di sungai Cidukuh.

Ruby mengaku, JAS menurunkan 25 orang anggota YANMAS bersama warga dan elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Aktifis dan Masyarakat Muslim (ALMUMTAZ) untuk turun ke sungai membersihkan sampah yang hitungan tahun lamanya meresahkan warga setempat,

“Setelah agenda aksi sosial ini masyarakat tidak lagi mengulang kebiasaan membuang sampah sembarangan yang mengotori aliran sungai sehingga berdampak kembali kepada masyarakat,” kata Ruby saat ditemui Ahad pagi (29/9/2019).

Ruby berarap agar instansi pemerintah dapat membentuk satuan khusus agar dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat secara berkelanjutan.

“Harapan kami adalah terbentuknya tim satgas khusus yang dapat memfasilitasi seluruh oprasional khususnya penampungan sampah dan kontroling (penarikan) sampah secara rutin guna untuk meminimalisir penumpukan sampah,” kata dia.

Selain itu, ia juga berharap kepada seluruh instansi dan dinas terkait Kota Tasikmalaya untuk terus mengawal dan melakukan pembinaan kepada warga masyarakat untuk sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat.

Ruby mengaku masyarakat sekitar memberikan apresiasi respon positif kepada YANMAS Ansharu Syariah yang telah menanggapi keresahan warga sungai Cidukuh, dan berharap agenda ini terus dilakukan secara berkala.

“Masyarakat sangat bersyukur dan berterimakasih atas hadirnya kita dari YANMAS bersinergi dan membantu banyak agenda ini sehingga warga bisa bersatu bekerjasama untuk kegiatan aksi sosial ini,”akunya

“Kegiatan ini akan dilaksanakan kembali insyaallah pada 6 Oktober 2019 mendatang, bekerja sama kembali dengan dinas terkait dan peran swadaya masyarakat bojong tritura sunga Cidukuh Tasikmalaya,” pungkasnya

Rep: Lutfi Rizal

Tags
Back to top button
Close
Close