ZISWAF

BWA Distribusikan 50 Ribu Mushaf Al-Qur’an Wakaf ke Banggai dan Taliabu

Jakarta (SI Online) – Menutup 2020 dan mengawali 2021, Badan Wakaf Al-Quran (BWA) mendistribusikan 50 ribu eksemplar mushaf Al-Qur’an wakaf atau setara dengan tiga kontainer untuk umat Islam di Banggai, Sulawesi Tengah dan Kepulauan Taliabu, Maluku Utara.

Direktur Program BWA, Hazairin menjelaskan pendistribusian 50 ribu Al-Qur’an wakaf ini dibantu oleh warga dan komunitas lokal, begitu juga didukung oleh perusahaan logistik nasional PT. Galena Perkasa melalui program CSRnya agar pekerjaan menyampaikan amanah dari wakif bisa terlaksana dengan baik.

“Tantangan distribusi kali ini hampir sama dengan yang sudah sudah, adalah medan distribusi, mulai dari yang letaknya jauh dari pusat kota, juga kepulauan yang tak mudah mencapainya dan harus menggunakan kapal, juga kendala cuaca, sehingga ada usaha lebih untuk melakukan distribusi kali ini,” kata Hazairin dalam keterangan tertulis, Jumat (08/01/2021).

Karena alasan cuaca, kata dia, pihak syahbandar tidak mengizinkan Kapal Wakaf Armada Bahari Mulya untuk melaut, sehingga pekerjaan distribusi Al-Qur’an Wakaf untuk Kepulauan Taliabu harus ditunda dari akhir Desember 2020 ke Januari 2021. Saat ini tim sedang mendistribusikan ke Banggai Laut.

Khusus Banggai laut dan Kepulauan Taliabu, tambah Hazairin, BWA melakukan distribusi dengan menggunakan Kapal Wakaf Armada Bahari Mulya yang siaga di NTT dan khusus dipergunakan untuk distribusi Al-Qur’an wakaf di Indonesia Timur.

Hazairin menjelaskan, distribusi 50 ribu Al-Qur’an wakaf untuk Banggai dan Taliabu sudah dimulai sejak 13 Desember 2020 di Luwuk, Banggai dan Banggai kepulauan sampai akhir Desember 2020 dan dikarenakan situasi cuaca yang tidak mendukung akhirnya pekerjaan ini dihentikan sementara dan dilanjutkan pada Januari 2021.

“Saat ini tim ekspedisi Al-Qur’an wakaf sedang melakukan distribusi di Banggai Laut, secara detail jumlah distribusi Al Quran Wakaf 16 ribu untuk Banggai, tujuh ribu untuk Banggai kepulauan, tujuh ribu untuk Banggai Laut dan 20 ribu untuk Kepulauan Taliabu,” jelasnya.

Sementara itu Ustaz Ashar M, salah satu partner BWA di Luwuk mengatakan, pihaknya yang di daerah pelosok membutuhkan Al-Qur’an. Biasanya bantuan pemerintah lima tahun sekali datangnya, maka adanya Al-Qur’an wakaf dari BWA ini sangat membantu masyarakat daerah dalam mempelajari Al-Qur’an.

“Rasanya baru BWA yang bisa menggalang dan mendistribusikan Al-Qur’an wakaf sejumlah 50 ribu dalam sekali jalan,” tambah Ustaz Ashar.

Saat ini Kapal Wakaf Armada Bahari Mulya sedang berada di Banggai Laut untuk menditribusikan tujuh ribu Al-Qur’an wakaf dan dilanjutkan ke Kepulauan Taliabu 20 ribu wakaf Al-Qur’an, diperkirakan akan selesai pada 22 Januari 2021.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para wakif, partner lapang, warga lokal, komunitas dan PT. Galena Perkasa yang sudah terlibat dalam membantu distribusi Al-Qur’an wakaf, kami mohon doa dari para umat muslim dan para wakif agar kami bisa menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik, insyaallah jumlah Al-Qur’an wakaf yang 50 ribu ini segera sampai di tangan yang tepat,” pungkas Hazairin.

Red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button