#Kenormalan BaruNASIONAL

Jokowi: Dengan Cara Apapun, Juli Sudah Harus Normal

Jakarta (SI Online) – Presiden Joko Widodo mengingatkan jajarannya, untuk penanganan virus corona atau COVID-19, sesuai target.

Targetnya, kata Jokowi, pada Mei ini kurva sudah harus turun, dan Juli sudah mulai normal kembali.

“Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai sesuai target yang kita berikan yaitu kurvanya sudah harus turun, dan masuk pada posisi sedang di bulan Juni, dan Juli masuk pada posisi ringan. Dengan cara apapun,” kata Jokowi dalam sambutan rapat kabinet paripurna secara virtual, Rabu 6 Mei 2020, seperti dilansir Vivanews.com.

Dia mengingatkan kembali, bahwa fokus kerja pemerintah saat ini hanya fokus pada masalah utama yakni pengendalian Covid-19 secepat-cepatnya. Maka target untuk menurunkan kasus ini, harus dilaksanakan juga sesuai dengan yang ditargetkan.

Untuk itu, ia ingin agar semua energi dan sumber daya yang ada, untuk dikerahkan. Apakah itu di kementerian, di lembaga negara maupun dari TNI dan Polri sendiri.

“Untuk itu semua menteri, kepala lembaga, Panglima TNI, Kapolri, saya minta mengerahkan semua tenaga mengerahkan semua energi mengerahkan semua kekuatan untuk mengendalikan Covid ini dan menangani dampak-dampak yang menyertainya,” jelasnya.

Beberapa negara saat ini, sudah mulai melonggarkan lockdown yang diterapkan. Seperti Vietnam, Selandia Baru, bahkan termasuk Italia dan Inggris yang kasus positif dan angka kematian termasuk paling tinggi.

“Saya melihat negara yang akan menjadi pemenang adalah negara yang berhasil mengatasi Covid,” ujarnya.

Untuk itu, menurutnya dalam melawan Covid-19 ini tidak hanya bisa mengandalkan Tim Gugus Tugas baik yang ada di pusat maupun daerah. Tetapi semua elemen menurutnya, harus turun.

“Organisasi-organisasi sosial, masyarakat, relawan, partai politik dan sektor swasta, ini yang harus di-dirijeni di-orkestrasi dengan baik,” katanya.

Dengan disiplin dan bersatu, tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, Jokowi optimis masalah Covid-19 bisa segera diselesaikan.

“Jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan yang lalu ini bisa kita atasi Covid secepat-cepatnya,” katanya.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button