INTERNASIONAL

Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak Meninggal Dunia

Kairo (SI Online) – Mantan presiden Mesir Husni Mubarak meninggal dunia pada usia 91 tahun, Selasa (25/2). Ia meninggal beberapa minggu setelah menjalani operasi.

Mubarak adalah presiden keempat Mesir. Diktator itu memerintah Mesir selama 30 tahun sampai digulingkan menyusul protes massa menentang pemerintahannya pada 2011. Dia dipenjara selama bertahun-tahun setelah revolusi, tetapi dibebaskan pada 2017 setelah lolos dari sebagian besar tuduhan.

Sebelum menjadi presiden, Mubarak adalah komandan Angkatan Udara Mesir antara tahun 1972-1975. Mubarak menjadi presiden setelah pembunuhan mantan Presiden Anwar Sadat, yang mengangkatnya sebagai wakil presiden.

Mubarak pernah dianggap sebagai ‘pahlawan perang’ oleh rakyat Mesir karena saat itu ia menjabat sebagai komandan Angkatan Udara selama Perang melawan Israel pada Oktober 1973.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Mubarak bahkan mengklaim dirinya adalah yang pertama menembakkan rudal ke pusat komunikasi Israel dari sebuah jet tempur yang dia sendiri yang bertindak sebagai pilot.

Pada 2005, Mubarak berada di bawah tekanan Amerika Serikat memberlakukan demokrasi di Mesir. Ia mengizinkan kandidat presiden lainnya mencalonkan diri. Namun, Mubarak tetap terpilih dengan kemenangan telak.

sumber: dbs

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close