SILATURAHIM

Rekatkan Ukhuwah, Belasan Jurnalis Muslim Silaturahmi Idulfitri ke Kediaman UBN

Jakarta (SI Online) – Belasan jurnalis muslim dari beragam media, baik televisi, cetak maupun daring, bersilaturahmi ke kediaman pimpinan AQL Islamic Center Ustaz Bachtiar Natsir (UBN) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa siang, 10 Mei 2022.

Pertemuan ini, selain sebagai silaturahmi Idulfitri juga untuk terus merekatkan hubungan (ukhuwah) antara para jurnalis muslim dengan tokoh dan ulama Islam. Apalagi dalam Ramadhan 1443 H yang lalu, para jurnalis muslim juga turut mendukung berbagai program Ramadhan yang dilakukan AQL Islamic Center, UBN Podcast dan Tabung Infaq.

Kepada para jurnalis, UBN memberikan sejumlah bekal. Mulai dari bekal nafsiyah (tazkiyatun nafs), wawasan Islam internasional, hingga bicara kondisi keumatan di dalam negeri.

Pecah belah, kata UBN, saat ini melanda siapapun. Tidak hanya para jurnalis, namun juga terjadi juga di level tokoh umat dan para ulama.

Cara efektif menghadapi upaya pecah belah yang dilakukan pihak-pihak lain itu, kata UBN, adalah dengan bersilaturahmi dan tabayyun. “Tabayyun, itu kata kuncinya. Sehingga kita tidak mudah percaya dengan omongan pihak lain,” kata UBN.

UBN berpesan, agar dalam pergaulan itu dihiasi dengan sikap tsiqah (percaya). Dengan sikap ini, apabila ada kabar tidak baik yang dihembuskan oleh orang lain terhadap teman atau kawan, maka kita akan lebih percaya dengan kawan kita. Bukan kabar dari orang lain yang belum tentu benar.

UBN juga mengingatkan, ada dua jenis dosa yang balasannya disegerakan oleh Allah SWT. Keduanya adalah dosa zina dan dosa memutus silaturahmi. “Dua dosa ini paling cepat balasannya,” kata UBN.

Sekretaris Umum Forum Jurnalis Muslim (Forjim), M. Shodiq Ramadhan, yang turut hadir dalam silaturahmi itu mengapresiasi dan berterima kasih kepada UBN yang telah menerima dan menjamu hampir dua puluh jurnalis muslim di kediamannya.

“Alhamdulillah program Ramadhan lalu berjalan baik, dan sekarang kita bersilaturahmi Idulfitri. Insyaallah kami akan terus mendukung program-program dakwah dan keumatan lainnya di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Ia berharap, silaturahmi para jurnalis muslim dengan para tokoh dan ulama seperti UBN dapat terus terjaga. Ulama dan jurnalis muslim, kata dia, memiliki kepentingan dan tugas yang sama dalam menjaga umat.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button