#Banjir 2020NASIONAL

Saat Bencana FPI Berubah jadi TPM, Tim Pemburu Mayat

Bogor (SI Online) – Front Pembela Islam (FPI) langsung mengerahkan relawannya untuk menolong warga yang menjadi korban bencana di sejumlah lokasi sejak awal banjir Rabu lalu (1/1/2020).

Tidak hanya mendirikan posko dan menyalurkan bantuan, relawan FPI juga turut mengevakuasi korban bencana termasuk yang sudah meninggal.

“Sekarang kita menjadi TPM, ‘Tim Pemburu Mayat’,” ujar Ustaz Asep Heri selaku Ketua DPW FPI Kabupaten Bandung Barat yang sedang bertugas di Kabupaten Bogor dalam memimpin relawan di daerah bencana.

Asep menyampaikan hal itu saat hendak mencari sejumlah mayat yang belum ditemukan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

“Ada tiga jenazah lagi yang belum ditemukan, mudah-mudahan dengan bantuan doa dari para tuan guru kita bisa menemukan mayat-mayat tersebut,” kata Asep dikutip Suara Islam Online Kamis (9/1) melalui video yang beredar.

Sebelumnya, relawan FPI berhasil menemukan dan mengevakuasi 8 jenazah dari tempat pemakaman yang terkena longsor di Kampung Banar, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Para relawan FPI kemudian mengevakuasi 8 jenazah itu, dan setelah disetujui oleh para keluarga atau ahli waris, kemudian FPI Jabar merapikan dan menguburkan kembali jenazah tersebut.

“Giat relawan FPI Jabar di hari ke 3 evakuasi pemakaman umum yang tergerus timbunan longsor, Alhamdulillah 8 jenazah berhasil kita temukan dan dievakuasi. Sesuai restu dari pihak tokoh setempat dan ijin keluarganya semua jenazah dikebumikan secara masal. Semoga almarhum dan almarhumah diterima segala amal ibadahnya dan tempatkan di tempat yang diridoi oleh Allah SWT. Insyaallah evakuasi dilanjutkan besok karena faktor cuaca yang tidak mendukung kami untuk melakukan evakuasi sampai sore hari,” tandas Asep

Selain mengevakuasi korban bencana, FPI juga membantu warga korban banjir yang sudah bisa pulang ke rumahnya dengan membersihkan kediaman mereka yang kotor akibat sisa lumpur dari air banjir.

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button