NASIONAL

Soal Sengketa Pilpres, HNW Ingatkan Hakim MK dengan Hadis agar Berani karena Benar

Jakarta (SI Online) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Hidayat Nur Wahid mengingatkan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk berpijak pada kebenaran dalam memutuskan perkara, khususnya terkait sengketa Pilpres 2024.

Hidayat mengingatkan pesan tersejut jelang putusan MK pada 22 April 2024. Ia mengatakan sempat bertemu dengan hakim MK di momen pasca lebaran

“Menuju 22 April 2024, ba’da IdulFitri Hakim-hakim MK juga bertemu Halalbilhalal,” kata pria yang akrab disapa HNW itu dalam akun media sosialnya “x” pada Rabu (17/4/2024).

Ia mengingatkan dan berharap para hakim bisa menjadi sosok seperti yang digambarkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

“Semoga mereka termasuk jenis Hakim yang oleh Rasulullah SAW disebut akan selamat, yaitu “Hakim yang mengetahui kebenaran dan berani menghukum dengan kebenaran itu, meraka di surga” jelas HNW.

Ia pun menautkan isi hadis Nabi secara lengkap yang artinya:

“Hakim itu ada tiga: dua di neraka dan satu di surga. Hakim yang memutuskan hukum dengan tidak benar, sedangkan ia mengetahuinya, maka ia di neraka. Hakim yang tidak mengetahui kebenaran (jahil), sehingga ia menghilangkan hak orang lain, maka ia pun di neraka. Hakim yang memutuskan hukum dengan kebenaran, maka ia di surga”. (HR. At-Tirmidzi)

red: adhila

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button