INTERNASIONAL

Taliban Kuasai Penuh Lembah Panjshir, Jubir Pemberontak Tewas

Kabul (SI Online) – Kelompok pejuang yang kini menguasai Afghanistan, Taliban, dikabarkan telah menguasai secara total Provinsi Panjshir, Afghanistan. Dengan penguasaan ini, artinya seluruh negeri itu benar-benar dalam kendali kelompok tersebut.

Provinsi Panjshir di Afghanistan timur laut telah menjadi benteng terakhir yang telah diperjuangkan para pemberontak Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRFA) sejak Kabul jatuh ke tangan Taliban pada 15 Agustus lalu.

“Benteng terakhir tentara bayaran musuh, provinsi Panjshir, sepenuhnya dikuasai,” kata Juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid, melalui Twitter pada Senin (6/9/2021).

“Upaya terbaru untuk memastikan keamanan penuh di negara itu juga membawa hasil, dan Provinsi Panjshir berada di bawah kendali penuh Imarah Islam,” kata Mujahid yang menggunakan nama resmi pemerintahan Taliban, Imarah Islam Afghanistan.

Baca juga: Kalah Tempur Lawan Taliban, Ahmad Massoud Minta Berunding

Dia menambahkan bahwa beberapa milisi NRFA telah dikalahkan, sementara yang lain melarikan diri. Taliban meyakinkan rakyat Panjshir bahwa tidak akan ada penindasan pada rakyat.

Juru bicara NRFA, Fahim Dashti, yang juga seorang jurnalis, tewas dalam pertempuran pada Ahad kemarin.

Jenderal Abdul Wadud, yang bekerja di Kementerian Pertahanan pemerintah terguling Afghanistan, juga tewas dalam pertempuran kemarin.

Lembah Panjhsir

Sedangkan, seorang pembantu dekat Ahmad Massoud, pemimpin NRFA, Saleh Registani, dilaporkan terluka.

Akun twitter @Kabulnews mengabarkan Ahmad Massoud kabur ke Tajikistan.

Panjshir adalah basis NRFA yang dipimpin oleh Ahmad Massoud, putra mendiang mantan komandan perang Afghanistan Ahmad Shah Massoud. Pemimpin lain NRFA adalah mantan Wakil Presiden Amrullah Saleh, yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Afghanistan.

red: farah abdillah/dbs

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button