NASIONAL

Tiga Golongan Manusia yang Jadi Penyakit dalam Agama

Bogor (SI Online) – Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW pernah mengabarkan keberadaan tiga jenis manusia yang bisa menjadi penyakit dalam agama Islam.

Golongan manusia ini kini sering disebut sebagai penyakit kronis di masyarakat yang menciptakan kemudharatan bagi manusia.

Diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah bin Abbas bahwa Nabi pernah bersabda, “Ada tiga kelompok orang jadi penyakit agama Islam: seorang faqih yang fajir, pemimpin yang lalim, dan mujtahid yang bodoh

“Pertama, faqih yang fajir. Maksudnya orang mengerti agama tapi menjual agamanya untuk kepentingan duniawi, dia mendustakan kebenaran dari Allah, mentalbiskan yang benar dengan yang salah (talbis artinya menampakkan kebatilan dalam rupa kebenaran),” ujar KH Didin Hafidhuddin dalam kajian online pada Ahad (17/1/2020).

Kedua pemimpin yang zalim. Dengan kepemimpinannya, kalau pemimpin itu jahat maka ia akan berbuat segala macam yang menyengsarakan rakyat

Dan ketiga adalah muttahid yang bodoh. “Dia berijtihad sendiri, menjawab berbagai pertanyaan tapi sebetulnya dia tidak memiliki ilmu pengetahuan tentangnya,” jelas Kiai Didin.

Oleh karena itu, adanya tiga penyakit kronis bagi agama Islam ini harus bisa diatasi umat Islam dengan berpegang teguh pada agama dan mengikuti para ulama yang lurus.

red: adhila

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button