#Lawan IslamofobiaLAPORAN KHUSUS

2020, Islamofobia di Eropa Makin Memburuk

Istanbul (SI Online) – Islamofobia di Eropa “telah memburuk, jika tidak mencapai titik kritis,” menurut sebuah laporan baru yang dirilis pada Rabu, 29 Desember 2021.

Laporan setebal 886 halaman berjudul “European Islamophobia Report 2020” ini diedit bersama oleh Enes Bayrakli, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Turki-Jerman yang berbasis di Istanbul, dan Farid Hafez, seorang ilmuwan politik dari Bridge Initiative Universitas Georgetown.

“Melihat kembali enam tahun terakhir, banyak pengamat akan sepakat bahwa keadaan Islamofobia di Eropa memburuk, jika tidak mencapai titik kritis,” tulis mereka dalam laporan tahunan yang diterbitkan sejak 2015.

Emmanuel Macron

Para editor mengatakan salah satu alasan mengapa mereka memilih gambar politisi untuk sampul depan edisi tahun ini, yang menampilkan Presiden Prancis Emmanuel Macron – seorang politisi, yang mereka katakan “secara luas dianggap mewakili politik tengah dan arus utama pergerakan.”

“Fakta ini berfungsi sebagai pengungkapan lebih lanjut bahwa pusat tersebut telah menjadi lebih ekstrem dalam kaitannya dengan Islamofobia. Muslim Prancis dan Austria telah berada di tangan kekerasan negara yang brutal yang telah dilegitimasi atas nama undang-undang kontraterorisme,” tegas mereka.

Penutupan badan pemantau Prancis Collectif contre l’islamophobia en France (CCIF, Collective Against Islamophobia in France), kata mereka, menjadi contoh “seberapa jauh Islamofobia negara berkembang.”

Sementara itu, diskusi panel online bertajuk “Islamofobia dan Serangan terhadap Kebebasan Sipil di Eropa” digelar untuk menandai peluncuran laporan tersebut.

Diskusi dimoderatori oleh Bayrakli dan dihadiri oleh Hafez, serta Amani Hassani dari Keele University yang berbasis di Inggris dan Amina Smits dari Istanbul 29 Mayis University.

Bayrakli mengataka Macron muncul di sampul laporan karena kebijakannya. Dia mengacu pada undang-undang anti-separatisme di Prancis, yang diklaim pemerintah dimaksudkan untuk memperkuat sistem sekuler Prancis, sementara para kritikus percaya bahwa undang-undang itu membatasi kebebasan beragama dan membuat Muslim terpinggirkan.

Undang-undang tersebut telah dikritik karena menargetkan komunitas Muslim Prancis – yang terbesar di Eropa, dengan 3,35 juta pengikut – dan memberlakukan pembatasan pada banyak aspek kehidupan Muslim.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button