Anies Gubernur Terpopuler di Medsos, Percakapan Mengarah ke Pilpres dan Presiden
Jakarta (SI Online) – Center for Indonesian Reform (CIR) bekerja sama dengan Datasight Indonesia melakukan monitoring online atas kinerja Gubernur di Indonesia.
Menurut Direktur Datasight, Radhiatmoko, penelitian ini untuk melihat besaran publikasi media dan percakapan media sosial (medsos) terhadap sejumlah kepala daerah. Penelitian dilakukan selama sebulan penuh, mulai tanggal 1-31 Desember 2021.
Dalam periode tersebut berhasil dihimpun 52.310 artikel dan pembicaraan di media sosial terkait kinerja Gubernur se-Indonesia.
“Hasilnya ada empat gubernur dengan ulasan tersebar, di antaranya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan 18.359 ulasan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 10.704 ulasan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 10.525 ulasan, serta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan 5.142 ulasan,” kata Radhiatmoko dalam keterangan tertulis, Ahad (09/01/2022), seperti dilansir Sindonews.com.
Radhiatmoko menjelaskan Ridwan Kamil unggul dalam pemberitaan di media online (10.525 artikel), diikuti Anies (9.170 artikel), Ganjar (5.759 artikel) dan Khofifah (5.142 artikel).
Penyebutan nama Anies di media sosial lebih tinggi dibanding Gubernur lain. Di aplikasi twitter nama Anies disebut sebanyak 8.795 kali dan Youtube 381 kali. Sementara Ridwan Kamil di Twitter disebut 5.174 kali dan Youtube 93 kali. Pencarian di Facebook dan Instagram masih minim untuk bisa dilacak publik.
“Sementara nama Ganjar di twitter disebut 4.726 kali dan Youtube 215 kali. Sedangkan nama Khofifah di Twitter disebut 2.215 kali dan Youtube 39 kali,” jelas Radhiatmoko.
Dari peta word cloud, pemberitaan dan percakapan tentang Anies sudah mengarah pada diksi ‘Presiden’ dan ‘Pilpres’, meski isu penanganan Covid dan pemulihan Kesehatan masih terlihat.
Ganjar seperti Anies, lebih kuat diksi Presiden, yang diperkuat dengan isu Elektabilitas berdasar Survei. Sementara itu Khofifah lebih menonjol isu Menteri daripada Presiden, topik bencana Semeru mencuat di tengah Covid.
Radhiatmoko menambahkan dari sekian banyak ulasan tentang Anies, cukup besar warganet yang berpandangan netral (51,92%) ketimbang mereka yang bersifat Pro (30,04% sentiment) atau kontra (18.04% sentimen negatif).