#Wabah CoronaNASIONAL

Di Wilayah Tanggap Darurat COVID-19, Tenaga Medis Akan Dapat Insentif Rp5-Rp15 Juta

Jakarta (SI Online) – Presiden Joko Widodo mengatakan, para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 seperti dokter, perawat, dan tenaga lainnya akan mendapatkan kompensasi berupa uang.

Jokowi mengatakan, Pemerintah telah melakukan perhitungan, dan sudah menentukan berapa nominal kompensasi yang diberikan kepada para tenaga medis dan dokter ini.

“Kemarin kita telah rapat dan telah diputuskan setelah dihitung oleh Menteri Keuangan bahwa akan diberikan insentif bulanan kepada tenaga medis. Dokter spesialis akan diberikan Rp15 juta, dokter umum dan dokter gigi Rp10 juta, bidan dan perawat Rp7,5 juta dan tenaga medis lainnya Rp5 juta. Kemudian juga akan diberikan santunan kematian Rp300 juta,” jelas Presiden Jokowi, dalam keterangannya di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Senin 23 Maret 2020, seperti dikutip Vivanews.com.

Pemberian kompensasi sebesar itu dari negara, hanya akan diberikan untuk dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang oleh daerahnya sudah menetapkan tanggap darurat.

“Dan ini hanya berlaku untuk daerah yang telah menyatakan tanggap darurat,” kata Jokowi.

Sementara itu mulai Senin sore nanti, Wisma Atlet Kemayoran akan resmi menjadi RS Rujukan Covid-19. Presiden telah meresmikan penggunannya. Walau daya tampungnya hingga 24 ribu, namun saat ini yang dipersiapkan adalah untuk tiga ribu pasien.

“Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, yang saat ini yang telah disiapkan untuk tiga ribu pasien,” kata Jokowi dalam keterangannya di Wisma Atlet, Senin 23 Maret 2020.

Menurut Jokowi, ruangan sudah ditata dengan baik. Dengan memisahkan antara ruang untuk pasien, ruang untuk dokter dan ruangan untuk para medis. Dengan begitu, ruangan ini diharapkan bisa menampung para pasien yang sudah membludak dan tidak mampu ditampung penuh oleh RS rujukan yang ada.

“Saya juga melihat sarana prasarana siap. Baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, APD juga siap. Sehingga kita harapkan nanti sore RS darurat corona ini telah bisa dipakai,” kata dia.

red: asyakira

Artikel Terkait

Back to top button