SILATURAHIM

Hendro Wicaksono, Profesor Muda Asal Indonesia Jadi Dosen Terbaik di Universitas Jerman

Berlin (SI Online) – Prof. Dr.-Ing. Hendro Wicaksono (38), profesor asal Indonesia menerima penghargaan “Teacher of the Year”, dari Universitas Jacobs, Bremen, Jerman.

Penghargaan tahunan ini diberikan oleh kampus ini kepada dosen yang memiliki prestasi luar biasa dalam proses pembelajaran.

Hendro sendiri terbilang relatif baru mengajar di kampus ini, yakni kurang lebih tiga tahun. Selain menjadi dosen, Hendro juga menjabat sebagai Head of Research Group for Intelligent Data Management for Industry 4.0 (INDEED) di kampus ini.

Hendro mendapat gelar Teacher of the Year karena metode pembelajaran online-nya yang menarik selama masa pandemi Covid-19. Dalam sertifikat disebutkan Hendro berhasil menjadikan metode pembelajaran online yang secara intrinsik memuaskan dan menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa.

Dia juga dinilai berhasil memberikan perkuliahan secara persuasif serta mendorong antusiasme tinggi para mahasiswa, khususnya pada masa pembelajaran secara virtual.

Mengenai riset, Hendro disebut memiliki sederet hasil riset yang diakui dan digunakan di banyak institusi di Jerman dan Eropa lainnya.

Pada 2013 lalu, Hendro mengembangkan sistem untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi berbasis artificial intelligence yang saat ini digunakan di beberapa gedung di Jerman, di Eindhoven Belanda, Sevilla dan Barcelona di Spanyol.

Lalu ada 2014 ia membuat sistem serupa dengan fitur tambahan utilitas di smartphone dan penggunaan berbagai macam sensor yang digunakan di beberapa kantor pemerintahan di Jerman, diantaranya di Baden-W├╝rttemberg.

Kiprah Hendro juga banyak diabdikan untuk kepentingan Indonesia. Hendro saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jerman.

Selain itu, dia juga aktif sebagai ketua komisaris dan salah satu pendiri dua perusahaan rintisan teknologi di Indonesia, yang bergerak di bidang perlindungan lingkungan dan pelayanan kesehatan digital.

Di organisasi Ikatan Ahli Sarjana Indonesia (IASI) Jerman, Hendro menjabat Koordinator Divisi Pendidikan. Tak hanya di bidang ilmiah, Hendro juga aktif di organisasi keagamaan.

Sejak 2019, Hendro menjabat anggota Dewan Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jerman dan aktif di komunitas Muslim berbahasa Jerman di Karlsruhe (DMK).

red: shodiq ramadhan/dbs

Artikel Terkait

Back to top button