INTERNASIONAL

Indonesia Golkan Resolusi tentang Rohingya dalam Sidang Tahunan APPF

Jakarta (SI Online) – Delegasi DPR RI berhasil menggolkan usulan enam resolusi dalam Sidang Tahunan ke-28 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF), 13-16 Januari 2020 di Canberra, Australia.

Selain itu, juga menggolkan satu resolusi mengenai krisis kemanusiaan Rohingya di Myanmar yang disponsori bersama-sama dengan Malaysia.

Fadli, melalui akun media sosialnya mengabarkan, enam resolusi dan satu resolusi terkait Rohingya disepakati setelah melakukan perdebatan dua hari dalam Working Group Politik di Sidang Parlemen Asia Pasifik.

“Beberapa sangat alot seperti soal Laut China Selatan, Korean Peninsula dan pengungsi Rohingya. Alhamdulillah resolusi Rohingya yang diusulkan Indonesia akhirnya diterima,” ungkap Fadli, Selasa (14/01).

DPR RI menekankan peran sentral ASEAN dan AHA Centre (The ASEAN Coordinating on Disaster Management) dalam penyelesaian krisis kemanusiaan berkepanjangan yang menimpa etnis Muslim Rohingya di Myanmar tersebut.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang memimpin lansung delegasi DPR RI dalam Sidang APPF ke 28 ini, mengapresiasi partisipasi aktif delegasi DPR RI.

“APPF merupakan kerjasama antar parlemen regional yang strategis karena banyak kepentingan regional yang berkaitan dengan isu-isu yang penting bagi kawasan yang dibahas dalam forum ini. Isu-isu yang merangkum kepentingan perempuan, stabilitas kawasan, pertumbuhan ekonomi, terlalu besar untuk diselesaikan oleh satu negara saja,” kata Puan.

Red: farah abdillah

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close