#Pemilu 2019NASIONAL

Maruarar Sirait PDIP Gagal Kembali ke Senayan

Bogor (SI Online) – Politisi senior PDI-P Maruarar Sirait terancam gagal lolos ke Senayan. Suara Ara -panggilan akrabnya- kalah tipis dengan sejawatnya, Diah Pitaloka, di Dapil III Jabar yang meliputi Kota Bogor-Kabupaten Cianjur.

Ara pun mengakui kegagalan dirinya kembali Senayan untuk keempat kali lantaran harus bertarung di wilayah baru, yakni Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Sebelumnya selama tiga priode Ara lolos dari Dapil Sumedang, Majalengka dan Subang.

“Sepertinya saya tidak lolos. Harus akui saja bahwa kita punya kekurangan, sehingga saya tidak terpilih lagi. Sebelumnya kan saya di Dapil SMS (Sumedang, Majalengka, dan Subang) selama tiga periode. Sekarang saya dipindahkan ke Kota Bogor dan Cianjur,” ujar Ara seperti dilansir detikX.

Data real count sementara yang dihimpun Radar Bogor sudah mencapai angka 828.521 suara. Dari total angka yang masuk itu tak kurang 129.782 warga memilih Partai Gerindra. Diikuti PKS yang menoreh 124.449 suara. Unggul dari Golkar di tempat ketiga yang memperoleh 106.796 suara. Sementara PDIP harus puas di tempat keempat dengan torehan 106.021 suara.

Demokrat menyusul dengan 71.281 suara, PKB 57.598 suara , PAN 53.334 suara, PPP 41.670 suara dan Nasdem 41.608.

Dengan perolehan suara ini, Gerindra menjadi satu-satunya partai yang diperkirakan mampu mengirimkan dua wakilnya. Yakni Ahmad Riza Patria dan seorang wajah baru Endang Setyawati Thohari.

Keduanya mendapat torehan suara tertinggi dari tujuh caleg Gerindra lainnya di dapil yang sama. Ahmad Riza memperoleh 25.479 suara dan Endang 13.199 suara.

Meski memborong dua kursi, untuk caleg suara terbanyak sementara, masih dipegang oleh Ecky Awal Mucharam. Caleg dari PKS itu mengantongi 49.110 suara.

Raihan ini membuat Ecky mengamankan satu kursi di senayan. Diikuti pendatang baru Budhy Setiawan dari Golkar dengan torehan 27.861 suara. Unggul dari caleg petahana yang juga dari partai beringin Eka Sastra yang memperoleh 21.365 suara.

Persaingan serupa juga terjadi di PDI Perjuangan. Selisih suara antara Diah Pitaloka dan Maruarar Sirait cukup tipis. Diah memperoleh 24.239 suara dan Maruarar 23.292 suara. Jika tidak ada perubahan suara yang signifikan dalam perhitungan, kursi PDIP bakal diisi oleh Diah.

Sementara empat kursi lainnya diisi caleg petahana Sjarifuddin Hasan (Demokrat), Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz (PKB) dan Joko Purwanto dari PPP. Komposisi tersebut kian dinamis dengan wajah baru Eddy Soeparno dari PAN.

red: farah abdillah/dbs

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button