#Kabinet Jokowi IINASIONAL

Menhan Buka Peluang Kerjasama Pertahanan dengan Turki

Jakarta (SI Online) – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membuka pintu kerjasama bilateral di bidang pertahanan dengan Turki. Negara itu dinilai memiliki sejarah militer panjang terkait pertahanan.

Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antara Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo menuju Ankara melakukan pembicaraan bilateral tentang kerjasama pertahanan dengan Menhan Turki.

“Sebelumnya kemarin beliau melakukan pembicaraan dengan Angkatan Laut Turki dan berkunjung melihat industri perkapalan perang dan Kapal Selam Turki di Golcuk Naval Shipyard, Kocaeli,” katanya melalui pesan singkat kepada wartawan, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya kerjasama militer dengan Turki sangat strategis mengingat industri alutsista Turki berkembang pesat khususnya terkait kapal perang dan kapal selam.

“Ditambah lagi Turki memiliki sejarah militer yang panjang sebagai negara yang kuat secara militer sejak Ottoman Empire,” terangnya.

Dahnil menolak memberikan detail kerjasama yang akan dilakukan. Pasalnya kerjasama ini menyangkut dengan pertahanan di Indonesia.

Dari akun twitter Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Prabowo juga diterima Erdogan di Komplek Kepresidenan di Ankara.

Selama sebulan terakhir, Menhan telah melakukan sejumlah pertemuan dengan negara sahabat mulai di kawasan Asia hingga Eropa. Terakhir, Indonesia menyepakati kerjasama militer dengan Menhan Republik Ghana Dominic BA Nitiwul.

Di sisi lain, sejak dilantik sebagai Menhan, Prabowo telah dikunjungi oleh banyak Dubes negara sahabat mulai dari Malaysia, China, hingga Amerika Serikat.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button