NASIONAL

2020 Jakarta Tuan Rumah Formula E, Uang Rp1,2 Triliun akan Berputar

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah perhelatan balap mobil bergengsi Formula E.

“Alhamdulillah, berhasil! Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan sebuah akhir yang indah,” tulis Anies Baswedan dalam akun Facebooknya, Ahad 14 Juli 2019, setelah menyelesaikan proses negoisasi dengan lembaga pengelola Formula E di New York, AS.

Anies terbang ke New York setelah menjadi pembicara dalam World Cities Summit di Medellin, Kolombia.

Anies menjelaskan, Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Anies juga mengungkapkan, sejatinya persiapan pertemuan ini telah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu.

“Karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota besar dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan rapi, teliti, tertib dan tak banyak bicara. Jadwal dan rute perjalanan ditata dengan baik. Semua bahan telah disiapkan,” ungkapnya.

Puncak dari proses itu, kata Anies, adalah negosiasi pada Sabtu, 13 Juli kemarin di New York. Ia langsung bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi yang juga legenda di dunia balap mobil.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button