#Wabah CoronaDAERAH

Gereja HOG Eden Park Batam Jadi Klaster Baru, 35 Jemaat Positif Corona

Batam (SI Online) – Gereja House Of Glory Eden Park menjadi klaster baru kasus Corona di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Akibatnya, jumlah kasus positif Covid-19 di kota ini meningkat tajam. Dari klaster ini dilaporkan sudah 35 orang terkonfirmasi positif yang merupakan jemaat gereja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, seperti dilansir Vivanews.com, Rabu 3 Juni 2020, mengatakan, untuk mengetahui potensi penularan, pihaknya melakukan pengambilan sampel. Baik melalui swab test yang menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test.

Dia menyampaikan swab test dan rapid ini dilakukan terhadap 52 orang yang diduga kontak dengan jemaat. Swab dan rapid test itu dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batuaji, Kepulauan Riau.

Didi mengatakan, 52 orang ini yang dilakukan tes ini karena diduga punya kontak erat dengan 35 jemaat gereja yang positif Corona.

Mengenai awal munculnya klaster baru ini, ia menjelaskan karena berawal dari seorang perempuan yang terdeteksi mengidap Corona saat berobat dan melakukan pemeriksaan di salah satu Puskesmas. Hasilnya saat pemeriksaan diketahui positif.

Namun, diketahui perempuan itu pernah mengadakan pertemuan dengan pengurus gereja sebanyak 16 orang. Awal pemeriksaan sebelumnya hanya enam orang positif. Tapi, jumlah bertambah hingga 53 orang terinfeksi positif.

Hasil ini kemungkinan besar akan bisa terus bertambah. Sebab, masih ada hasil swab test yang belum keluar.

Sementara, 22 pasien positif sudah dirawat dan dirujuk ke RS Galang. Lalu, 6 pasien di RSUD Batam. Dan, 7 orang lainnya dirawat di rumah sakit swasta di Batam.[]

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close