NASIONAL

Gubernur Anies Jadi Pembicara Pertemuan Tingkat Tinggi 40 Pemimpin Kota di Dunia

Jakarta (SI Online) – Pada 2 Juni 2020 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali bertemu dengan 40 pemimpin kota, provinsi dan negara bagian dari berbagai benua di dunia.

Pertemuan Tingkat Tinggi yang dilakukan secara daring itu berjudul Mayoral Meeting, Cities Against COVID-19 Global Summit 2020-Virtual dengan tema “Together We Stand.” Dari dokumentasi yang dibagikan melalui akun Instagram pada Sabtu 6 Juni 2020, Anies mengikuti pertemuan itu dari pendopo rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

“Pertemuan tingkat tinggi ini dihadiri oleh wali kota dan gubernur di 40 kota/provinsi/ negara bagian dari berbagai benua,” tulis Anies melalui akun Instagramnya, yang dikutip Suara Islam Online pada Ahad 7 Juni 2020.

Baca juga: Anies Bertukar Info Penanganan COVID-19 dengan 44 Pemimpin Kota dari 31 Negara

Dalam pertemuan itu, kata Anies, bertindak sebagai pembicara kunci (keynote speaker) adalah Wali Kota Seoul, Korea Selatan, Mr Park Wonsoon. Kemudian dilanjutkan empat pembicara, masing-masing: Walikota London, Sadiq Khan, Gubernur Maryland, Larry Hogan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Walikota Moscow, Sergei Sobyanin. ⁣



Dalam pertemuan itu, Anies mengaku mengajak semua untuk melihat ke depan. Mengantisipasi perubahan yang perlu dilakukan oleh para pemimpin di seluruh dunia dalam memandang tata ruang, menjadikan kota yang tangguh, dan membangun kolaborasi sosial.⁣

Pertemuan secara daring dengan para pemimpin kota di dunia dalam masa pandemi COVID-19 ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan Anies Baswedan.

Pada akhir Maret 2020 lalu, Anies juga mengikuti telekonferensi dengan 44 walikota/ pemimpin kota dari 31 negara dalam jaringan C40 Cities yang mewakili sekitar 360 juta penduduk di kota-kota besar dunia.

red: shodiq ramadhan

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close