IBADAH

Manfaat Shalawat

Sebagai seorang muslim, tentu kita tidak asing lagi dengan kata “shalawat”, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh guru-guru kita khususnya di sekolah ataupun di pondok pesantren. Bahwa shalawat adalah suatu doa ataupun pujian yang ditunjukkan kepada Nabi Muhammad Saw.

Dalam Islam, ada banyak macam sholawat, di antarnya shalawat Jibril, shalawat Syifa, shalawat Nariyah, dan shalawat yang lainnya. Tentunya dari setiap shalawat yang telah disebutkan tadi, memiliki keutamaannya masing-masing.

Seperti contoh shalawat Nariyah, disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dari Jabir berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia”.

Ini menandakan bahwa orang yang sering membaca shalawat tidak akan rugi hidupnya, dan akan mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca shalawat bagi kehidupan yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.

  1. Mendapatkan Syafaat di Akhirat

Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, setiap yang memiliki nyawa pasti akan mengalami kematian. Maka dari itu hendaklah setiap muslim mempersiapkan bekalnya untuk tiba saatnya menghadap Allah SWT.

Salah satu bekal yang bisa dipersiapkan adalah dengan banyak membaca shalawat. Yang mana jika kita banyak bershalawat, maka Nabi Muhammad Saw akan menolong kita di Akhirat kelak.

Disebutkan dalam hadits bahwa Rasulullah Saw akan memberikan syafaat paling banyak kepada orang yang bershalawat.

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafaatku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

  1. Shalawat Memudahkan Terkabulnya Doa

Di antara arti dari shalawat selain pujian ialah doa, maka bila ingin doa cepat terkabul oleh Allah, maka bacaan shalawat harus dibaca sebelum memanjatkan keinginan kepada Allah.

1 2Laman berikutnya
Back to top button