NASIONAL

Pemerintah Gunakan Rp30 Triliun dari APBN 2023 untuk Bangun IKN

Jakarta (SI Online) – Pemerintah akan mengalokasikan dana yang bersumber dari APBN 2023 senilai Rp27 triliun sampai Rp30 triliun untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers, Kamis (14/4/2022).

“Tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan ibu kota negara baru, yaitu antara Rp27 triliun sampai Rp30 triliun,” ujar Menkeu Sri Mulyani, melansir Kontan.co.id.

Anggaran IKN itu nantinya, lanjut Sri Mulyani, akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar, seperti akses jalan, dan juga untuk membangun gedung pemerintahan Kementerian Perhubungan.

Sebelumnya, ia mengungkapkan, infrastruktur merupakan komponen penting untuk memajukan ekonomi dari aspek perbaikan daya saing dan produktifitas.

“Dengan jalan tol dan infrastruktur yang banyak saja, ranking competitiveness kita masih lebih rendah dari negara-negara ASEAN 5. Jadi PR kita masih banyak,” ujar Sri Mulyani.

Selain itu, dana juga akan digunakan untuk membangun berbagai simpul konektivitas di sepanjang jalan ibu kota baru Kalimantan Timur, dan juga untuk membangun sarana prasarana pendidikan, kesehatan, keamanan dan lainnya.

Sebelumnya seperti dilansir kompas.tv, Sri Mulyani mengatakan dibutuhkan dana sebesar Rp6.445 triliun hingga tahun 2045 untuk membangun infrastruktur di IKN.

Dari jumlah itu, APBN hanya bisa menyumbang 37 persen atau Rp2.385 triliun.

“Itu belum termasuk saat pandemi, saat APBN berpindah prioritas ke bantuan sosial dan pemulihan ekonomi,” kata Sri Mulyani.

Oleh karena itu, kata dia, dana pembangunan IKN tidak bisa terus bersumber dari APBN, melainkan harus didukung oleh peran BUMN dan swasta.

red: a.syakira

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button