NASIONAL

PPIJ Gelar FGD Penguatan Manajemen Zakat di Era Digital

Jakarta (SI Online) РDalam rangka penguatan Lembaga Amil Zakat, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema Manajemen Zakat dan Pemberdayaan Umat di Era Digital.

Kadiv Sosial Budaya dan Ekonomi Syariah DR. Edi Sukardi mengatakan bahwa pelaksanaan FGD ini dalam rangka menggali ilmu dari lembaga-lembaga pengumpul zakat yang sudah berpengalan.

“Terus terang saja LAZ kami baru akan dikembangkan lebih luas, karena selama ini kami memang baru menghimpun dari dalam saja, sementara kaum dhuafa cukup banyak di lingkungan PPIJ,” terangnya di Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023).

Kiai Edi menjelaskan bahwa hasil pengumpulan zakat yang selama ini dihimpun dan dikelola PPIJ telah dimanfaatkan seluas-luasnya selain penyantunan yatim dan dhuafa yang rutin dilakukan.

“Ada pembinaan untuk daur ulang barang-barang bekas, kemudian diadakan pelatihan membuat roti, dan baru saja kami lakukan pelatihan merias yang kami harapkan bisa menjadi bekal buat mereka,” terangnya.

Kiai Edi berharap dalam kegiatan FGD Manajemen Zakat dan Pemberdayaan Umat di Era Digital ini, LAZ PPIJ dapat lebih berdaya guna untuk kepentingan dakwah dan pemberdayaan kaum dhuafa.

“Sehingga mereka tidak melulu menjadi mustahik, mereka kedepan harus bisa menjadi muzakki,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Kepala Pusat PPIJ DR. KH Didi Supandi mengatakan bahwa yang menjadi landasan FGD pada hari ini adalah bertukar pandangan dan pengalaman yang tujuannya untuk kebaikan keumatan.

“Mudah-mudah perserta aktif FGD ini dapat memberikan masukan dan pengalaman-pengalamanya sehingga lebih menguatkan keberadaan ziswaf Islamic Centre,” ujarnya.

“Bagaimana kita mau menguatkan umat kalau lembaganya tidak lebih power full, maka penguatan kelembagaan menjadi suatu keharusan,” tukasnya.

Hadir dalam Focus Group Discussion Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta diantaranya, H. Faisal Qosim, MA (Direktur Pengumpulan Zakat Baznas RI), H. Muhammad Sobirin (Direktur Program Rumah Zakat Indonesia), DR. KH Didi Supandi, MA (Wakil Kepala Pusat PPIJ), Ustaz Herlan Intanpura (Kadiv Takmir PPIJ), Ustaz M. Zein. M.Si (Kadiv Informasi dan Penyiaran PPIJ), Ustaz Sukri Kardjono (Kadiv Umum). [ ]

Artikel Terkait

Back to top button