#Bebaskan PalestinaNASIONAL

Surat Terbuka MER-C untuk Presiden RI: Selamatkan RS Indonesia dan Jalur Gaza

Jakarta (SI Online) – Organisasi sosial kemanusiaan dan medis MER-C (Medical Emergency Rescue Commite) mengeluarkan surat terbuka untuk Presiden RI Joko Widodo terkait situasi di Palestina khususnya Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza.

Dalam surat terbukanya, MER-C meminta Presiden Jokowi melakukan upaya nyata pembelaan terhadap rakyat Palestina dan penyelamatan RS Indonesia di Gaza yang saat ini sedang dalam kondisi kritis.

Berikut surat terbuka MER-C kepada Presiden RI yang diterima redaksi Suara Islam, Sabtu malam (11/11/2023):

Surat Terbuka MER-C kepada Presiden RI “Selamatkan RS Indonesia dan Jalur Gaza

Kepada yang terhormat,
Bapak Ir. H. Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua

Hari ini 36 hari sudah dunia menyaksikan agresi membabi buta, pembunuhan dan pembantaian massal terhadap rakyat sipil di Jalur Gaza, yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak. Pemukiman warga, bahkan tempat ibadah baik masjid maupun gereja, sekolah, lokasi-lokasi pengungsian, serta berbagai fasilitas umum lainnya, bahkan seluruh rumah sakit di Jalur Gaza tak luput menjadi sasaran kebrutalan militer Israel.

Belasan ribu jiwa meninggal, puluhan ribu lainnya mengalami luka-luka tanpa bisa mendapatkan penanganan yang layak akibat habisnya obat-obatan, padamnya aliran listrik di rumah sakit karena kehabisan bahan bakar serta sederet situasi menyedihkan lainnya.

Warga Gaza kini hidup tanpa harapan, tanpa makanan, air, listrik, bahan bakar di tengah gempuran serangan udara dan darat Israel yang semakin gencar, tanpa mengindahkan kemanusiaan dan hukum-hukum internasional.

Rumah Sakit Indonesia, asset bangsa Indonesia yang berada di Gaza bagian Utara yang dibangun dari dana rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, yang pembangunannya dikerjakan oleh tangan anak-anak bangsa tak luput menjadi sasaran. Berbagai fitnah dan framing disebarkan Israel untuk melegitimasi serangan terhadap RS Indonesia.

Sebagai informasi bagi Bapak, saat ini 3 relawan MER-C, WNI, masih berada di Jalur Gaza, di RS Indonesia untuk menyalurkan bantuan amanah dari rakyat Indonesia untuk warga Palestina di Jalur Gaza.

RS Indonesia kini mencoba tetap bertahan dan beroperasional di tengah kegelapan dan keterbatasan obat-obatan, karena ini adalah satu-satunya tumpuan harapan masyarakat Gaza Utara untuk berlindung dan mendapatkan akses pengobatan.

Akankah dunia dan kita bangsa Indonesia terus berdiam diri melihat hal ini?
Untuk itu, sebagai perwakilan rakyat Indonesia, atas nama bangsa Indonesia, bangsa yang memiliki asset Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, kami berharap Bapak Presiden dengan segala kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki untuk dapat melakukan perubahan dan menyelamatkan RS Indonesia di Jalur Gaza.

Kami berharap, pada kesempatan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Bapak dapat menyampaikan hal ini, memberikan tekanan kepada dunia, khususnya kepada Amerika Serikat agar segera mengadakan gencatan senjata di Jalur Gaza dan menyelamatkan Rumah Sakit Indonesia dari serangan Israel.

Demikian surat terbuka ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian khusus Bapak Presiden.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hormat kami,
Atas nama rakyat Indonesia

Dr. Sarbini Abdul Murad
Ketua Presidium MER-C Indonesia

Jakarta, 11 November 2023

red: adhila

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button