#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Turki Kirim Peralatan Medis ke Amerika Serikat

Istanbul (SI Online) – Turki akan mengirim peralatan medis termasuk baju pelindung dan masker ke Amerika Serikat (AS) untuk membantu mengatasi wabah virus corona.

“Saat negara-negara maju meminta untuk dukungan Turki, kami telah menawarkan dukungan kami ke geografi yang luas, dari Balkan hingga Afrika,” kata Erdogan setelah rapat kabinet.

“Yang terbaru, kami mengirim bantuan medis ke AS pada Selasa (28/4), terdiri atas masker bedah, masker N95, baju hazmat dan disinfektan,” kata Erdogan yang menambahkan pengirim akan dilakukan melalui pesawat militer Turki.

BACA JUGA: Jokowi Minta Ventilator ke Donald Trump?

Erdogan juga menjelaskan tiga hari lockdown akan diterapkan di 31 kota hingga Jumat, 1 Mei, dan lockdown akhir pekan akan berlanjut hingga setelah Idul Fitri pada akhir Mei.

Dia menyatakan jadwal untuk kembali normal akan diumumkan segera.

“Turki mengonfirmasi kasus virus corona meningkat hingga 2.131 dalam 24 jam terakhir dan 95 orang lagi telah meninggal, sehingga total korban meninggal menjadi 2.900,” papar data Kementerian Kesehatan pada Senin (27/4).

Berbeda dengan Turki, Indonesia malah meminta bantuan kepada AS. Hal itu terungkap dalam cuitan Trump melalui akun twitternya.

“Baru saja berbicara dengan seorang teman, Presiden RI Joko Widodo. Ia meminta ventilator yang tentu akan kami berikan. Kerja sama hebat antara kami,” tulis Trump di akun Twitternya, Jumat (24/4), yang diterbitkan pukul 09.12 waktu setempat.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button