#Wabah CoronaINTERNASIONAL

WHO: Semua Orang Pakai Masker Kain di Tempat Umum

Jakarta (SI Online) – Bagi masyarakat Indonesia, saran lembaga kesehatan dunia (WHO) ini terbilang terlambat. Sebab, sudah sekitar dua bulan lalu masyarakat Indonesia diharuskan mengenakan masker di tempat umum dengan menggunakan masker kain.

WHO mengatakan informasi terbaru menunjukkan bahwa masker bisa menjadi “penghalang bagi droplet yang mungkin menularkan penyakit.”

WHO sebelumnya berpendapat tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mengatakan bahwa orang sehat harus menggunakan masker.

WHO selalu menyarankan agar masker medis dipakai oleh orang yang sakit dan orang yang mengurus mereka.

Namun, ketentuan itu nampaknya berubah. Dr. Maria Van Kerkhove, pemimpin tim pakar WHO untuk Covid-19, mengatakan kepada kantor berita Reuters, mereka merekomendasikan khalayak agar menggunakan “masker kain – yaitu, masker non-medis.”

WHO mengatakan mengatakan pedoman baru ini didorong oleh studi selama beberapa pekan terakhir. “Kami menyarankan pemerintah untuk mendorong agar masyarakat umum memakai masker,” kata Dr. Van Kerkhove.

Pada saat yang sama, WHO menekankan bahwa masker wajah hanyalah satu dari serangkaian alat yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko penularan — dan bahwa masker jangan sampai memberi khalayak perasaan aman yang palsu.

“Masker saja tidak akan melindungi Anda dari Covid-19,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

sumber: BBC News Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close