INTERNASIONAL

5300 Anak Palestina Terbunuh, PBB: Jalur Gaza Jadi Tempat Paling Berbahaya di Dunia bagi Anak-Anak

Washington (SI Online) – Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, ribuan anak Palestina terbunuh dalam serangan Israel di Jalur Gaza. Pejabat PBB itu bahkan menyebut Gaza sebagai “tempat paling berbahaya di dunia bagi anak-anak.”

“Lebih dari 5.300 anak-anak Palestina dilaporkan tewas hanya dalam 46 hari … atau lebih dari 115 anak per hari, setiap hari, selama berminggu-minggu. Berdasarkan angka ini, 40 persen kematian di Gaza dialami oleh anak-anak. Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif Dana Anak-anak PBB (UNICEF) Catherine Russell dalam pengarahan Dewan Keamanan PBB tentang perlindungan anak-anak di Gaza, pada Rabu (22/11).

“Dengan kata lain, Jalur Gaza adalah tempat paling berbahaya di dunia bagi anak-anak,” tandasnya.

Russell mengatakan anak-anak Gaza berada pada “risiko ekstrem” dari kondisi kehidupan yang buruk selain diserang dengan bom, roket dan tembakan.

“Dampak kekerasan yang dilakukan terhadap anak-anak sangat besar, tidak pandang bulu, dan tidak proporsional,” kata dia, seraya menekankan bahwa jeda kemanusiaan “tidaklah cukup.”

“UNICEF menyerukan gencatan senjata kemanusiaan darurat untuk segera menghentikan pembantaian ini.”

“Kami khawatir eskalasi militer lebih lanjut di selatan Gaza akan memperburuk situasi kemanusiaan di sana… menyebabkan lebih banyak pengungsian… dan menekan penduduk sipil ke wilayah yang lebih kecil. Serangan terhadap wilayah selatan harus dicegah,” tambahnya.

Sumber: Anadolu

Artikel Terkait

Back to top button