NASIONAL

Ajak Umat Turuti Anjuran Percepat Bayar Zakat, Ustaz Tengku: Bayarkan Langsung ke yang Berhak

Jakarta (SI Online) – Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Tengku Zulkarnain mengajak umat Islam untuk menuruti anjuran Wapres sekaligus Ketua Umum MUI non aktif, KH Ma’ruf Amin, untuk bersegera membayar zakat.

“Kaum Muslimin mari turuti anjuran Wakil Presiden untuk mempercepat membayar zakat harta (zakat maal, red) di NKRI saat virus Corona ini menyebar,” ungkap Ustaz Tengku melalui akun twitternya, @ustadtengkuzul, Jumat 3 April 2020.

Namun, berbeda dengan Kiai Ma’ruf yang mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat agar melakukan sosialisasi dan pengumpulan, Ustaz Tengku lebih cenderung agar umat langsung menyalurkan zakatnya kepada mereka yang berhak menerima.

Baca juga: Wapres Kiai Ma’ruf Imbau Umat Islam Segera Berzakat

“Bayarkan langsung ke dzawil qurba (kerabat dekat), fakir dan miskin di sekitar kita dan lain-lain yang berhak menerimanya,” tulis Ustaz Tengku.

“Tahun ini bagusnya bagikan langsung saja…,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk saling membantu di tengah memburuknya ekonomi akibat mewabahnya virus Corona.

Khusus bagi umat Islam, Wapres menyarankan agar membayar zakat lebih cepat dibanding seharusnya.

“Khusus bagi umat Islam, saya kira pada saat ini tepat sekali (berzakat), terutamanya bagi orang-orang kaya yang biasa keluarkan zakatnya pada di setiap Ramadhan, sebaiknya dimajukan waktunya,” kata Kiai Ma’ruf dalam sesi wawancara via Video Conference, Selasa 31 Maret 2020.

Baca juga: Wapres Minta BAZ Segera Sosialisasikan Pengumpulan Zakat Sebelum Ramadhan

Menurut Ma’ruf zakat yang diberikan sekarang, akan sangat tepat karena banyak masyarakat sangat membutuhkan.

Ma’ruf megaku telah berkoordinasi dengan lembaga zakat untuk memulai pengumpulan zakat.

red: shodiq ramadhan

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close