NASIONAL

Anies Kunjungi Korban Kebakaran di Pisangan Baru Matraman

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi warga yang menjadi korban kebakaran di permukiman padat penduduk di Jalan Pisangan Baru III, Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 25 Maret 2021. Anies datang ke lokasi bersama Wali Kota Jaktim dan Kepada Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta.

Kedatangan Anies, selain untuk bertakziyah juga untuk menyampaikan bantuan dan antisipasi kebutuhan korban.

“Peristiwa ini adalah musibah yang berat. Kebakaran ini relatif kecil karena hanya empat petak kontrakan namun dampaknya fatal akibat kebakarannya di gang kecil sehingga sulit evakuasi dan 10 orang menjadi korban,” kata Anies seperti diunggah melalui Facebooknya, Kamis (25/03).

Sebagai informasi, sepuluh korban tewas dalam kebakaran di Jalan Pisangan Baru III, RT 003/006 Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, pada Kamis (25/3/2021) berasal dari tiga keluarga.

Menurut Lurah Pisangan Baru, Tuti Sugihastuti, bangunan yang terbakar berupa rumah kontrakan yang berderet (empat pintu). Korban-korban kebakaran menempat rumah (pintu) pertama dan ketiga.

“Kebakaran ini sebuah peristiwa yang luar biasa, karena menurut pak Wali Kota Jakarta Timur, ini kebakaran dengan korban jiwanya terbanyak selama ia menjabat,” kata Anies.

Anies mengatakan, kebakaran itu sebenarnya telah direspon cepat oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta yang langsung mengerahkan 14 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Namun sayang, lokasi yang sulit dijangkau dan api yang sudah terlanjur membesar dan melahap empat petak rumah membuat 10 orang meninggal, meskipun api berhasil dipadamkan.

Pemprov, kata Anies, memastikan pastikan keluarga pengontrak yang terbakar memiliki tempat penampungan sementara. Mereka berjumlah 10 orang.

“Mereka kita fasilitasi tinggal beberapa minggu ke depan untuk seluruh kebutuhannya. Lalu seluruh dokumen-dokumen penting yang terbakar akan segera diurus penggantiannya. Jadi dipastikan seluruh kebutuhan mereka aman,” pungkasnya.

Rep: Syakira FH.

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button