#Wabah CoronaNASIONAL

FUI Minta Siti Fadilah Dibebaskan untuk Bantu Negara Lawan Corona

Bogor (SI Online) – Forum Umat Islam (FUI) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membebaskan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari dari penjara.

Sekjen FUI KH Muhammad al Khaththath mengatakan, Siti Fadilah pernah berjasa besar dalam menghadapi persoalan virus ketika masih menjabat sebagai Menkes. “Kita punya sejarah yang berani mengoreksi WHO, tetapi ibu kita (Siti Fadilah) kok malah dimasukin penjara,” ujarnya dalam sebuah kajian online, Rabu malam (15/4/2020).

Oleh karena itu, pihaknya meminta Presiden Jokowi untuk membebaskan Siti Fadilah dan meminta pemikirannya dalam membantu menyelesaikan masalah wabah virus Covid-19 atau Corona.

“Kita minta beliau dikeluarkan dan diminta bekerja keras mencari solusi bagi keselamatan bangsa dalam menghadapi Corona apalagi Ramadhan sudah dekat,” kata al Khaththath.

Seperti diketahui, sebelumnya sebuah petisi online diluncurkan di situs Change.org, awal Maret lalu. Dalam petisi itu, para penggagas menuntut Presiden Jokowi segera membebaskan Siti Fadilah Supari dari penjara.

Menurut mereka, pengalaman dan kepakaran Siti dibutuhkan negara saat ini. Apalagi, perempuan yang kini genap berusia 70 tahun itu pernah menakhodai Indonesia keluar dari pandemi flu babi dan flu burung saat bertugas menjadi Menkes era Susilo Bambang Yudhoyono.

Hingga kini, sudah lebih dari 37 ribu warganet yang menandatangani petisi itu. Selain di jagat maya, dukungan atas pembebasan Siti juga datang dari sejumlah politikus dan lembaga yang bergelut di bidang kesehatan.

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button