INTERNASIONAL

Innalillahi, Ulama Dunia Syekh Yusuf Al-Qardhawi Wafat

Jakarta (SI Online) Innalillahi wa innailaihi rajiun. Umat Islam dunia berduka. Salah satu ulama kaliber internasional asal Mesir Syekh Dr. Yusuf Al Qardhawi wafat. Syekh Al-Qardawi wafat dalam usia 96 tahun.

Kabar wafatnya Syekh Yusuf Al-Qardhawi ini disampaikan melalui akun resmi twitternya, @alqaradawy, Senin, 26 September 2022.

“Telah berpulang ke Rahmatullah Syamahatul Imam Yusuf Al-Qardhawi yang telah mewakafkan hidupnya untuk menjelaskan hukum-hukum Islam dan membela umatnya,” tulis akun resmi Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi, dikutip Senin (26/09/2022).

Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi lahir pada 9 September 1926 di sebuah desa kecil di Mesir bernama Shafth Turaab di tengah Delta Sungai Nil.

Pada usia 10 tahun, ia sudah hafal Al-Qur’an. Ia menamatkan pendidikan di Ma’had Thantha dan Ma’had Tsanawi, kemudian Qardhawi terus melanjutkan ke Universitas al-Azhar, Fakultas Ushuluddin dan lulus pada 1952. Tapi gelar doktornya baru ia peroleh pada tahun 1972 dengan disertasi “Zakat dan Dampaknya dalam Penanggulangan Kemiskinan”, yang kemudian disempurnakan menjadi buku “Fiqh Zakat.”, sebuah buku yang sangat komprehensif membahas persoalan zakat dengan nuansa modern.

Disebutkan, faktor yang menyebabkan keterlambatannya meraih gelar doktor adalah karena dia sempat meninggalkan Mesir akibat kejamnya rezim yang berkuasa saat itu. Ia terpaksa menuju Qatar pada 1961 dan di sana sempat mendirikan Fakultas Syariah di Universitas Qatar.

Pada saat yang sama, ia juga mendirikan Pusat Kajian Sejarah dan Sunnah Nabi. Ia mendapat kewarganegaraan Qatar dan menjadikan Doha sebagai tempat tinggalnya.

Atas karya-karyanya dalam berbagai bidang dalam Islam, membuat Syekh Qardhawi dikenal sebagai seorang mujtahid pada era modern ini. Ia adalah seorang ulama yang terus produktif menghasilkan karya-karya tulis hingga akhir hayatnya.

Syekh Qardhawi telah menerbitkan lebih dari 120 buku. Dia juga telah menerima delapan penghargaan internasional atas kontribusinya pada keilmuan Islam, dan dianggap sebagai salah satu cendekiawan Islam paling berpengaruh yang hidup saat ini. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS).

Syekh Qardhawi terkenal karena programnya ”Syariah dan Kehidupan” yang disiarkan di Al Jazeera, yang diperkirakan memiliki pemirsa 40–60 juta di seluruh dunia. Ia juga dikenal karena IslamOnline, sebuah situs web keislaman yang didirikan pada 1997.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button