#Kenormalan BaruNASIONAL

Jakarta Islamic School Gelar Wisuda Bernuansa ‘Gardening’ dengan Protokoler Kesehatan

Jakarta (SI Online) – Inovasi dan kreatifitas tak henti-hentinya dilakukan Jakarta Islamic School (JISc) di masa pandemi COVID-19 ini.

Jika selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), JISc melaksanakan proses belajar mengajar jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital, maka pada momentum kelulusan siswa alias wisuda, JISc berinovasi dengan melakukan wisuda ‘drive thru’.

Pantauan Suara Islam Online di kompleks Jakarta Islamic School (JISc), Jalan Manunggal 1, Jatiwaringin, Jakarta Timur, Sabtu 27 Juni 2020, wisuda dengan kosep ‘drive thru’ berjalan dengan tertib dan lancar. Tanpa ada keramaian dan tidak ada kerumunan. Wisuda beralan sesuai protokol kesehatan menghadapi COVID-19.

Baca juga: Kreatif, Begini Cara JISc Lakukan Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi

Konsep drive thru yang diusung JISc digelar di lapangan basket JISc Kodam. Para wisudawan datang satu persatu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Wisudawan datang dengan mobil bersama kedua orang tua, kemudian turun dari mobil dan dicek suhu badan, memasuki bilik disinfektan lalu ke panggung utama, penyerahan ijazah, dan berfoto bersama keluarga di spot yang sudah disiapkan. Prosesi wisuda selesai, wisudawan kembali ke mobil dan langsung meninggalkan sekolah.

Kepada wartawan, founder JISc Hj. Fifi Proklawati Jubilea, M.Sc., P.hD mengungkapkan, konsep ‘drive thru’ ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan Diknas setempat.

“Alhamdulillah kita tetap memberikan hak anak-anak untuk diwisuda. Selain itu, kami juga telah berkoordinasi dengan diknas setempat untuk menggelar wisuda sesuai dengan protokol COVID-19, di antaranya tidak ada pengumpulan massa, dan sarana kebersihan yang memadai,” ujar Mam Fifi, panggilan akrab Fifi Jubilea, Sabtu (27/6/2020).

Kepala Sekolah Secondary JISc Aup Almaududi mengatakan, 605 siswa akan menjalani prosesi wisuda tersebut, mulai dari Primary (SD) hingga Secondary (SMP-SMA). Para lulusan SMA melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri.

“Kami menganggap setiap anak adalah istimewa. Makanya kami berikan predikat “The Best” untuk setiap wisudawan, ada yang “The Best in Academic”, “The Best in English”, “The Best in Tahfiz”, dan lain-lain. Alhamdulillah mereka juga diterima di perguruan tinggi unggulan di dalam negeri, juga ada yang melanjutkan ke Turki, Jepang, dan Madinah,” jelas Aup Almaududi.

Mengusung tema “We Face Our Bright Future”, JISc Graduation digelar dengan khusyuk tahun ini tanpa penampilan anak-anak yang biasanya ramai di panggung utama. Namun demikian, esensi dari wisuda tetap dirasakan oleh para wisudawan.

Wisuda ‘drive thru’ di Jakarta Islamic School (JISc), Sabtu (27/6)

Jakarta Islamic School (JISc) merupakan sekolah Islam internasional yang menyelenggarakan pendidikan tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA dan memadukan tiga kurikulum: Nasional, Islamic, dan international (Edexcell).

Selain berlokasi di Jakarta Timur, JISc juga dapat dijumpai di Depok, Jakarta Barat, serta Jakarta Islamic Boys Boarding School (JIBBs) dan Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc) di Mega Mendung, Jawa Barat.

Red: shodiq ramadhan

Artikel Terkait

Back to top button