#Save RohingyaINTERNASIONAL

Kapal Pengungsi Rohingya Terbalik, 17 Orang Meninggal

Rakhine (SI Online) – Sedikitnya 17 pengungsi Rohingya meninggal dan 30 lainnya hilang setelah sebuah kapal terbalik dalam cuaca buruk di Teluk Benggala awal pekan ini, kata para relawan Myanmar.

Para relawan mengatakan delapan orang selamat dari kapal nahas itu, yang berlayar menuju Malaysia. Tidak jelas dari mana kapal itu berangkat.

“Kami mulai menemukan mayat pada 7 Agustus,” kata Min Htal Wah, Ketua Yayasan Shwe Yaung Metta, organisasi penyelamatan di wilayah pesisir Rakhine, Myanmar.

“Dalam tiga hari, 17 mayat kami temukan… Kami juga menemukan beberapa orang masih hidup,” katanya.

Dia menambahkan bahwa 10 dari yang tewas adalah perempuan.

Seorang pekerja bantuan daerah Maungdaw di perbatasan dengan Bangladesh mengatakan kapal itu berangkat di tengah cuaca buruk.

Dia menambahkan bahwa 500 orang lainnya masih berharap bisa menyeberang ke Malaysia.

Sekitar 1 juta pengungsi Rohingya tinggal berdesakan di Bangladesh. Di antara mereka adalah pengungsi yang pada 2017 melarikan diri dari tindakan keras militer Myanmar, yang membantah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sejumlah besar di antaranya telah meninggal di laut akibat penyakit, kelaparan dan kelelahan ketika berusaha mengungsi ke Malaysia dan Indonesia, yang mayoritas penduduknya Muslim, dengan kapal-kapal yang tidak layak ditumpangi.

sumber: antara

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button