#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Kelaparan, Warga Lebanon Bakar Sejumlah Bank

Lebanon (SI Online) – Massa demonstran di kota terbesar kedua di Lebanon, Tripoli, marah dengan membakar sejumlah bank dalam aksi hari kedua, Selasa 28 April 2020.

Para saksi mata memaklumi kemarahan para demonstran karena mulai kelaparan akibat kesulitan ekonomi dan diperparah oleh pandemi virus corona baru (COVID-19).

Demo hari kedua yang berujung pada pembakaran sejumlah bank juga dipicu oleh tewasnya seorang demonstran akibat tindakan keras pasukan keamanan dalam protes Senin malam.

Mengutip laporan Al Arabiya, Rabu (29/4/2020), bank-bank di Tripoli, Lebanon, menjadi target putaran baru protes di kota terbesar kedua di Lebanon tersebut.

“Mereka mencurinya,” kata seorang saksi mata dengan ekspresi sedih tetapi penuh pengertian di wajahnya.

Di dekatnya, kerumunan orang menyaksikan dinding bangunan terbakar. Sementara itu, beberapa orang menyalakan api serta para penjarah oportunistik pergi dengan mengangkut logam.

“Ini situasi ekonomi,” kata seorang wanita berusia 51 tahun dengan jilbab hijau yang bekerja di klinik operasi dokter. Dia menolak untuk menyebutkan namanya. “Meskipun ada corona, orang-orang lapar. Mereka tidak tahan lagi,” ujarnya.

Dalam beberapa minggu terakhir nilai mata uang Lebanon telah anjlok di tengah kekurangan dolar. Tripoli, kota terbesar kedua di Lebanon, adalah salah satu daerah termiskin di negara itu dengan tingkat kemiskinan pada akhir 2019 sekitar 50 persen.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button