BEAUTY

Kulit Wajah jadi Perih setelah Dibersihkan, Ini Sebabnya

Jakarta (SI Online) – Apakah Anda pernah merasa kulit wajah menjadi kering dan perih usai dibersihkan menggunakan susu pembersih dan toner?

Rupanya hal ini terjadi bukan hanya disebabkan oleh kandungan dalam produk yang dipakai saja.

Ahli dermatologi, Inneke Jane Hidajat, mengatakan terkadang cara pembersihan yang terlalu kuat sehingga menimbulkan iritasi bisa menjadi penyebabnya.

“Membersihkan wajah jangan terlalu digosok-gosok demi bersih banget, yang ada malah iritasi wajahnya. Setelah cleansing milk lalu toner malah wajah kering karena sudah digosok-gosok (terlalu kuat),” kata dia di Jakarta, Rabu (27/11).

Adanya trauma minor pada kulit wajah inilah yang terkadang memunculkan rasa perih usai wajah dibersihkan. Jane menuturkan, pada kondisi kulit berjerawat menggosok terlalu kuat bisa memperparah jerawat.

“Kalau pada kulit berjerawat, malah bisa memperparah jerawatnya. Bersihkan pelan-pelan secara halus misalnya pakai brush yang lembut. Setelah dibersihkan pakai serum,” tutur Jane.

Membersihkan wajah rutin menjadi hal wajib agar kulit tetap sehat dan tak kusam, terutama jika Anda mengaplikasikan make up. Setelahnya, jangan lupakan pelembap dan tabir surya.

Selain itu, terapkan gaya hidup sehat seperti mengelola stres, tak konsumsi alkohol dan merokok, konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh serta istirahat yang cukup.

Flek Hitam di Wajah

Masalah lain di wajah adalah munculnya flek hitam.

Menurut dokter Jane, flek hitam atau noda hitam di wajah tak muncul begitu saja, tetapi salah satunya adalah karena ada pemicu dan radiasi sinar UV.

“Orang di Asia mudah kena flek karena banyak pajanan sinar UV. Di Asia Tenggara pajanan matahari tinggi sekali, mengaktifkan sel kulit yang menghasilkan pigmen,” ujarnya.

Selain itu, pada wanita terutama yang berusia 30 tahun ke atas, munculnya flek bisa karena hormonal.

Tak hanya flek hitam, paparan sinar UV juga bisa meningkatkan radikan bebas di kulit. Efeknya, radikal bebas yang teproduksi tinggi di kulit membuat kulit cepat keriput dan kering. Di sinilah pentingnya antioksidan untuk mengurangi efek buruk radikal bebas.

“Antioksidan supaya kulit tampak cerah. Polusi juga bisa bikin kulit kusam. Saya enggak sarankan enggak kena sinar matahari karena nanti bisa kurang vitamin D,” kata Jane.

sumber: ANTARA

Tags
Back to top button
Close
Close