#Ramadhan Karim 1440HNASIONAL

LK ESQ Ajak 1000 Yatim Piatu Jelajahi Permainan Rakyat Nusantara

Jakarta (SI Online)-Lembaga Kemanusiaan ESQ (LK ESQ) untuk kedelapan kalinya menggelar kegiatan Semesta Ramadhan.

Pada Ramadhan 1440 H ini, kegiatan rutin yang melibatkan 1000 anak yatim piatu dan dhuafa itu digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Rabu 29 Mei 2019 dengan tema “Jelajahi Permainan Rakyat Nusantara.” Para peserta berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cikarang.

Ketua Umum LK ESQ Hj Lea Sri Indari Irawan mengungkapkan, tema ini diangkat dengan tujuan sebagai edukasi untuk melestarikan budaya Indonesia melalui permainan rakyat Nusantara dan mengembalikan dunia bermain anak.

Lea menjelaskan, pemilihan tema ini juga tidak lepas dari ide-ide Semesta Ramadhan sebelumnya. Saat ini, kata Lea, pihaknya memperhatikan dunia anak-anak yang nyaris tak dapat lepas dari gadget dan games. Anak-anak telah memiliki dunia sendiri.

“Padahal sesungguhnya mereka masih membutuhkan waktu bermain bersama. Mereka buruh teamwork seperti kita saat kecil dulu,” jelas Lea dalam konferensi pers di Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta Timur, Rabu sore 29 Mei 2019. .

Atas dasar gagasan itu, lanjut Lea, anjungan-anjungan di TMII dapatlah memfasilitasi keinginan agar anak-anak bermain dengan permainan tradisional. 1000 anak itu kemudian dibagi ke lima anjungan untuk bermain Gasing, Egrang, Dampu, Congklak, Kelereng, Galasin, Karet, dan permainan Nusantara lainnya.

Pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian yang turut hadir dalam konferensi pers menambahkan, Semesta Ramadhan yang secara rutin dilaksanakan LK ESQ merupakan wujud mereka untuk membangun kepedulian. Bentuk kepedulian yang dilakukan LK ESQ, kata Ary, adalah unik. Berbeda dengan lembaga lain yang melakukan kegiatan serupa di bulan Ramadhan.

Ary menerangkan, Semesta Ramadhan dalam bentuk permainan dan bentuk-bentuk lain yang dilakukan sebelumnya memiiki enam sudut nilai yakni fasik (berupa bantuan materi), intelektualitas, emosionalitas dan spiritualitas. “Semoga ini semua menjadi nilai tambah,” tegas Ary.

Sebelumnya, dalam keterangannya, Lea mengatakan lembaganya pada tahun ini mengajak anak-anak untuk belajar mengenal kebudayaan daerah dan bermain permainan nusantara. Anak-anak akan berkunjung ke beberapa Anjungan daerah yang ada di Taman Mini Indonesia lndah, antara lain Anjungan Sumatera Barat, Anjungan DI Yogyakarta, Anjungan Kalimantan Selatan, Anjungan Sulawesi Tenggara, dan Anjungan Nusa Tenggara Barat. Di setiap anjungan anak-anak akan di ajak mengenal dan bermain permainan

Dalam kegiatan ini juga Lembaga Kemanusiaan ESQ memberikan uang santunan, bingkisan dan perlengkapan sekolah bagi 1.000 anak yatim, piatu, dan dhuafa.

Semesta Ramadhan dengan konsep edutainment ini mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, di antaranya PT. L’essential, PT. Pegadaian (Persero), Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI), Paxel, CIMB Niaga Syariah, Lotteria, Sandal Lucu (Sancu), Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa (YWBNB), APP Sinarmas, TRAC, Green Bottle, dan Taman Mini Indonesia Indah.

red: shodiq ramadhan

Tags
Back to top button
Close
Close