#Tolak RUU HIPNASIONAL

Ribuan Massa Anti Komunis Demo di Depan Gedung DPR

Jakarta (SI Online) – Ribuan massa yang menamakan diri Aliansi Anti Komunis (ANAK NKRI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jl Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Rabu (24/06/2020). Mereka menolak pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Aksi yang diikuti dari berbagai eleman organisasi Islam itu dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, secara bersama-sama mereka membacakan Pancasila. Seluruh massa mengikuti setiap bunyi sila yang dibacakan oleh pimpinan aksi dari mobil komando.

Selain para pimpinan ormas Islam, aksi juga dihadiri ulama kharismatis DKI Jakarta KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i dan budayawan senior anti komunis, H. Taufiq Ismail. Jika Kiai Abdul Rasyid membacakan doa, maka Taufiq membacakan puisinya yang membuat massa merinding.

Ditemui Ketua FPKS dan Anggota Baleg

Menjelang sore, perwakilan massa dipersilahkan untuk memasuki Gedung Dewan. Awalnya mereka ditemui oleh Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini bersama Anggota Baleg dari FPKS Buchori Yusuf, dan Anggota Baleg Fraksi PAN M. Ali Taher, serta Anggota Komisi II Mardani Ali Sera.

Jazuli menyampaikan, dirinya bersama anggota Badan Legislasi DPR RI berinisiatif menemui pendemo lebih dulu sebelum Pimpinan DPR RI.

“Kami menemui ini bukan ingin merebut panggung pimpinan DPR, tapi kami menerima ini untuk menunggu tamu-tamu ini, para ulama dan habaib tidak lama-lama menunggu. Supaya mereka ada yang menyapa,” kata Jazuli di Ruang Rapat KK 2 Kompleks Parlemen RI, Senayan.

Namun, pimpinan rombongan perwakilan pendemo, Ketua GNPF Ulama Yusuf Muhammad Martak menilai pertemuan itu tidak bisa diwakilkan oleh satu fraksi DPR saja.

Yusuf Martak mengatakan mereka sangat menantikan perwakilan Pimpinan DPR serta mendapat pencerahan dari Baleg DPR RI tentang siapa pengusul RUU HIP itu untuk diproses hukum.

Akhirnya dalam pertemuan itu disepakati, untuk menunggu Pimpinan DPR RI sampai datang.

Ditemui Pimpinan DPR

Perwakilan massa akhirnya ditemui oleh dua Wakil Ketua DPR RI, yakni Aziz Syamsuddin dan Sufmi Dasco Ahmad di lantai 4 Gedung Nusantara III.

Para tokoh bersedia pindah tempat pertemuan ke lokasi yang ditentukan Pimpinan DPR RI. Mereka bergerak dari lokasi pertemuan semula dengan perwakilan anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pukul 15.19 WIB menuju ke Gedung Nusantara III.

Sementara itu, Pimpinan DPR RI Azis Syamsuddin dan Sufmi Dasco Ahmad masuk ke ruang pertemuan pukul 15.40 WIB.

Selain Yusuf Martak, perwakilan pendemo juga diwakili oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustadz Slamet Ma’arif, Ketua Umum FPI KH Ahmad Sobri Lubis, Pengacara TPM Achmad Michdan, perwakilan Pemuda Pancasila, dan perwakilan FBR.

red: farah abdillah/dbs

Artikel Terkait

Back to top button