REMAJA

Sayyidah Aisyah Teladan Milenial Masa Kini

Pekan awal April ini, trending media sosial YouTube didominasi oleh lagu bertemakan kisah kasih Ibunda Aisyah ra dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Lagu tersebut berjudul “Aisyah Istri Rasulullah.”

Pro dan kontra mengiringi kehadiran lagu yang sudah dinyanyikan ulang (cover) oleh banyak artis, seperti Nisa Sabyan, Syakir Daulay, grup Adam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi sebagian yang kontra menyatakan pendapatnya atas ketidaksetujuan lirik lagu, di antaranya karena lagu tersebut menggambarkan detail wajah dan kulit Ibunda Aisyah. Hal tersebut tidak pantas dilakukan kaum Muslimin.

Ibunda Aisyah ra adalah salah satu Ummahatul Mukminin (Ibu semua orang Mukmin). Ulama Buya Yahya, menyampaikan pendapatnya, “Kita berhusnuzan bahwa siapa pun yang menciptakan lagu tersebut dan ikut menyebarkannya adalah mereka yang bermaksud menyebarkan rasa cinta terhadap Sayyidah Aisyah radhiyallaha ‘anha. Jika memang begitu niatnya, semoga kembali sesuai dengan apa yang diniatkannya,” ungkap Buya Yahya dalam channel al-Bahjah TV 4/04/2020).

Ulama lainnya berpendapat, dikhawatirkan akan menimbulkan makna lain bila liriknya dinikmati oleh generasi muda, misal akan timbul syahwat ketika berusaha memvisualisasi lirik ‘mulia indah cantik berseri, kulit putih bersih merahnya pipimu.’

Sebagian pihak lain adalah yang pro terhadap lagu tersebut dengan anggapan bahwa lagu ini menjadi salah satu media syiar Islam di tengah kondisi maraknya lagu-lagu percintaan yang lebay & alay atau ala-ala K-Pop. Diterima atau tidak, lagu yang sudah ditonton puluhan juta penonton dalam jaringan tersebut berhasil membawa pengaruh positif bagi generasi muda saat ini yang nyatanya asing terhadap sejarah Islam dan sirah Nabi Saw, tetapi akrab dan fasih ketika menjelaskan tentang budaya korea atau atlet sepak bola luar negeri.

Lagu ini berhasil mengarahkan pencarian generasi muda terhadap sosok seorang Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha. Banyak yang akhirnya terpahamkan bahwa putri Abu Bakar ra tersebut adalah wanita milenial yang memiliki banyak sifat terpuji, antara lain cerdas, penuh kasih sayang dan kelembutan, penuntut ilmu yang hebat serta menguasai beberapa bidang ilmu. Beberapa sumber menyebutkan Ibunda Aisyah telah meriwayatkan 2.210 hadits. Inilah yang menjadi alasan Ibunda Aisyah adalah teladan terbaik terutama bagi kaum milenial masa kini.

Melalui lagu ini juga, generasi milenial tergambarkan bahwa kisah kasih romantis pasangan yang sah menikah telah dicontohkan Rasulullah dengan Aisyah. Bukan sebatas cerita romantis haram berkedok pacaran. Seperti salah satu lirik lagu tersebut menyatakan ‘romantisnya cintamu dengan Nabi, dengan Baginda kau pernah main lari-lari.’ Terbukti ternyata tidak hanya film Bollywood yang punya adegan pasangan lari-lari manja tetapi Aisyah pernah melakukannya dengan Nabi Muhammad Saw tentunya dalam bingkai ikatan pernikahan.

Semoga melalui lagu yang kontroversial ini, generasi muda semakin tercerahkan untuk mempelajari sejarah Islam yang nyatanya peradaban Islam pernah berjaya selama kurun waktu yang panjang yaitu 14 abad. Kaum milenial menjadi semangat membaca sirah Nabi yang sarat akan teladan dari sang Nabi.

Karena Nabi Muhammad Saw tidak hanya sebagai utusan Allah, namun beliau adalah laki-laki yang paling sempurna akhlaknya, seorang kepala keluarga yang menjadi teladan bagi keluarga kaum Muslim bahkan Rasul juga sebagai pemimpin negara dengan luas wilayah negaranya yang hampir dua pertiga bumi ini.

Di balik semua keistimewaan yang ada pada diri Rasulullah Saw, ada sosok wanita hebat yang setia mendampingi beliau hingga berdampingan makamnya, beliau adalah Sayyidah Aisyah ra. []

Sandhi Indrati
Perawat, tinggal di Depok

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close