#Taliban MenangINTERNASIONAL

Taliban Berkuasa, Tak Ada Alasan bagi ISIS untuk Bercokol di Afghanistan

Kabul (SI Online) – Mullah Neda Mohammad adalah sebagai komandan kelompok pejuang Taliban. Ia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk melawan rezim Afghanistan bentukan Amerika Serikat dan sekutunya.

Sekarang, usai kelompoknya mengambil alih kekuasaan Afghanistan, ia bersumpah bersumpah terus berperang menghadapi kelompok ISIS.

Mullah Neda saat ini menjabat sebagai gubernur provinsi Nangarhar, yang juga basis ISIS Afghanistan-Pakistan.

“Kami sedang mencari orang-orang yang bersembunyi,” ungkap Mullah Neda kepada AFP, mengeklaim pasukannya telah menangkap 70 hingga 80 anggota ISIS sejak mereka menguasai ibu kota provinsi Nangarhar, Jalalabad, kota terbesar kelima di Afghanistan.

Namun demikian, Mullah Neda mengatakan dia tidak percaya ISIS menimbulkan ancaman besar seperti yang mereka lakukan di Irak dan Suriah.

“Di sini mereka telah menderita banyak korban di Afghanistan utara dan timur,” papar dia di Jalalabad, Kantor Gubernur, yang sekarang dipasang bendera tauhid.

“Dengan Taliban berkuasa, tidak akan ada alasan bagi (ISIS) untuk berada di sini. Kami tidak menganggap ISIS sebagai ancaman,” ujar dia.

Sebelumnya ISIS mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri yang menghancurkan di dekat bandara Kabul pada 26 Agustus yang menewaskan lebih dari 100 warga Afghanistan -termasuk pasukan Taliban- dan 13 tentara Amerika Serikat (AS).

Itu adalah serangan paling mematikan terhadap pasukan Amerika Serikat di Afghanistan sejak 2011.

Setelah ledakan itu, militer AS mengatakan telah melakukan serangan pesawat tak berawak (drone) terhadap “perencana” ISIS di provinsi Nangarhar.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button