#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Xi Jinping: China Siap Bantu Indonesia Hadapi Wabah COVID-19

Jakarta (SI Online) – Presiden China Xi Jinping mengatakan, negaranya siap memberikan dukungan dan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi wabah COVID-19.

Xi menyampaikan keprihatinannya mengenai penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan, termasuk Indonesia melalui percakapan telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (2/4/2020).

Atas nama pemerintah dan rakyat China, pihaknya menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia.

Xi mengklaim, setelah melalui perjuangan yang berat, masyarakat China telah keluar dari masa-masa paling kritis. Karena itu mereka telah mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan.

Meski demikian, Xi mengaku yakin di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia bisa memenangi pertempuran melawan wabah mematikan tersebut.

Menurut Xi, dalam menghadapi pandemi tersebut, China dan Indonesia telah saling memberikan dukungan sebagai bentuk persahabatan yang mendalam dengan berbagi suka dan duka serta saling membantu antara satu dengan yang lainnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat China telah melewati pencapaian penting dalam memerangi wabah tersebut sehingga dunia dapat belajar darinya.

Tidak lupa, Jokowi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan China kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut.

Bantuan China sangat penting bagi Indonesia, demikian pernyataan Jokowi yang beredar di sejumlah media resmi China, Jumat 3 April 2020.

Menurut Jokowi, virus tidak mengenal batas negara dan telah menjadi musuh bersama umat manusia sehingga pihaknya menekankan bahwa Indonesia sangat menentang stigmatisasi dan siap bekerja sama dengan China guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional.

Indonesia telah menerima bantuan alat kesehatan dari China yang diangkut tiga pesawat berbeda dari Shanghai menuju Jakarta.

red: farah abdillah
sumber: ANTARA

Artikel Terkait

Back to top button