#Gaza Under AttackINTERNASIONAL

Demonstran Pro Palestina Bentrok dengan Kelompok Pro Israel di New York

New York (SI Online) – Perang antara militer Israel dengan kelompok pejuang Palestina di Jalur Gaza tampaknya telah meluas hingga ke Amerika Serikat (AS).

Hal ini terjadi saat dua kelompok massa, yakni kelompok pro Palestina dan kelompok pro Israel terlibat bentrokan di luar konsulat Israel di New York.

Ratusan pengunjuk rasa berkumpul di luar Konsulat Jenderal Israel di Second Avenue pada Selasa waktu setempat, ketika pasukan keamanan Israel (IDF) mengebom Gaza.

Seorang videografer lokal menangkap momen ketika beberapa pemuda terlibat perkelahian, saling mengutuk dalam bahasa Arab dan Ibrani, ketika sekelompok petugas polisi New York (NYPD) yang mengenakan masker mencoba memisahkan mereka.

Video lain menunjukkan sekelompok wanita muda berjilbab berjalan melewati area berpagar dengan pengunjuk rasa pro-Israel. Salah satu dari mereka, seorang wanita yang memegang bendera Israel, mengatakan kepada seorang jurnalis bahwa “kami memiliki banyak kesamaan,” kelompok tersebut meneriakkan “Bebaskan Palestina” dan salah satu dari mereka mengatakan kepada wartawan, “Anda salah cerita,” seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (12/5/2021).

Mereka melanjutkan untuk mengejek sekelompok demonstran yang mengibarkan bendera Israel dan AS, dipisahkan oleh pagar besi.

Ada juga aksi protes di kota-kota AS lainnya. Demonstran di Washington, membangun pelampung berbentuk tank dan meneriakkan, menyebut Israel sebagai negara “teroris” dan “rasis”.

Aksi kekerasan terbaru di Timur Tengah dimulai ketika polisi Israel bentrok dengan warga Palestina yang memprotes penggusuran beberapa keluarga dari lingkungan Syekh Jarrah di Yerusalem, demi kepentingan pemukim Israel. Selama akhir pekan, ratusan orang terluka saat protes terjadi di luar Masjid al-Aqsa, di Temple Mount Yerusalem.

Kelompok pejuang Palestina di Jalur Gaza meluncurkan roket ke Israel pada hari Senin, dan melanjutkan serangan pada hari Selasa setelah serangan udara Israel di Gaza menghancurkan gedung 12 tingkat. []

Artikel Terkait

Back to top button