#Kriminalisasi UlamaNASIONAL

Ini Lima Poin Klarifikasi UAS di Kantor MUI Pusat

Jakarta (SI Online) – Mubaligh sejuta viewers asal Pekanbaru, Riau, Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan klarifikasi terkait video viral tentang salib yang disampaikannya tiga tahun lalu. Menurutnya, ceramah tersebut hanya menjelaskan tentang akidah umat.

Klarifikasi itu dilakukan usai pertemuan dengan sejumlah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Dalam potongan video tersebut, ustaz kelahiran Sumatra Utara itu menjawab pertanyaan jemaah tentang salib.

Dia menyebut jawaban pertanyaan itu menjelaskan tentang akidah agama Islam di tengah komunitas Muslim dan di dalam rumah ibadah. Dia memberikan contoh dengan membacakan potongan Surat Al Maidah ayat 73.

“Sesungguhnya, maaf, memang bunyi ayatnya begitu. Sesungguhnya kafirlah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga. Saya jelaskan itu di tengah umat Islam. Otomatis orang yang mendengar itu tesinggung atau tidak? Tersinggung? Apakah perlu saya minta maaf? Tidak. Karena itu ajaran saya. Kalau saya minta maaf berarti ayat itu musti dibuang, Nauzubillah,” kata UAS di Kantor MUI Pusat, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu sore(21/8/2019).

UAS menegaskan, isi ceramah yang dibawakannya itu bukan tema utama. Pasalnya saat menyampaikan ceramah tiga tahun lalu, dia hanya menjawab pertanyaan yang disodorkan oleh jemaah.

Di sisi lain terkait video yang beredar, UAS mengakui tiap kali ceramahnya berlangsung, mata kamera cukup banyak yang merekam kajiannya. Dia menyebut tidak mungkin jemaah dilarang satu per satu untuk merekam isi kajian.

“Tak mungkin saya bilang satu-satu, matikan hape, matikan, matikan. Saya di mana-mana ceramah, hape hidup, orang merekam, tak mungkin saya buat perjanjian semua yang mau masuk sini [pakai] materai enam ribu tak boleh disebarkan. Payah kali kita ceramah sekarang,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close