INTERNASIONAL

Muhyiddin Yassin Ditunjuk Jadi PM Baru Malaysia

Kuala Lumpur (SI Online) – Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shahakan melantik Ketua Partai Bersatu, Muhyiddin Yassin, sebagai Perdana Menteri ke-8 Malaysia.

Pengumuman tersebut disampaikan pejabat Istana Negara, Dato Ahmad Fadil Shamsudin melalui siaran pers, Sabtu sore (29/2/2020).

“Setelah menerima perwakilan dari seluruh pemimpin yang mewakili partai masing-masing dan anggota independen Dewan Rakyat, menurut pendapat Yang Mulia, anggota Dewan Rakyat yang kemungkinan besar mendapat kepercayaan mayoritas di antara anggota Dewan Rakyat lainnya adalah Tan Sri Muhyiddin Yassin, anggota parlemen dari Pagoh,” ucap Ahmad Fadil dalam pernyataannya.

Penunjukan ini sesuai dengan pasal 40 ayat 2(a) dan pasal 43 ayat 2(a) pada Konstitusi Federal Malaysia yang mengatur wewenang Raja Malaysia untuk menunjuk Perdana Menteri yang diyakini memiliki dukungan mayoritas dalam parlemen atau Dewan Rakyat.

Pelantikan Muhyiddin Yasin dijadwalkan pada Ahad 1 Maret 2020.

Penunjukkan Muhyiddin Yassin dilakukan setelah kebuntuan politik pasca mundurnya Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri pekan ini dan perpecahan di tubuh partai koalisi pemerintah.

Mahathir sendiri saat ini masih menjabat sebagai perdana menteri sementara pasca mengundurkan diri.

sumber: antara/dbs

Back to top button