DAERAH

Puluhan Ribu Umat Islam di Solo Ikuti Parade Ukhuwah

Solo (SI Online) – Puluhan ribu massa dari berbagai elemen berkumpul di Jalan Slamet Riyadi, kawasan Ngarsopuro, Solo, mengikuti Parade Ukhuwah dan Tabligh Akbar, Ahad (1/9/2019).

Acara yang digagas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) itu digelar dalam rangka menyambut tahun baru 1441 Hijriyah, yang bertepatan dengan 1 September 2019.

Sambil membawa bendera tauhid dan kain sepanjang 1,5 km bertuliskan kalimat tauhid massa berjalan longhmarch 4 kilometer dari Kota Barat hingga ke depan Ngarsopuro.

Di Ngarsopuro, para peserta disambut dengan tausiyah oleh beberapa tokoh, salah satunya Ustaz Felix Siauw. Di depan puluhan ribuan massa, dia berbicara mengenai ukhuwah atau persaudaraan dalam Islam.

Sementara itu, Humas DSKS, Endro Sudarsono mengatakan bahwa acara tersebut diharapkan bisa menjadi titik tolak merubah keadaan bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Tahun baru Hijriyah, menurutnya harus bisa merefleksi perubahan dan lepas dari kekuasaan maupun tekanan asing.

“Acara ini kita harapkan mampu menjamin ukhuwah islamiyah dikalangan umat Islam. Disamping itu juga kita harus menyatakan merdeka, bahwa bangsa Indonesia tidak boleh dikuasai dan ditangan asing,” katanya dikutip dari panjimas.com.

Acara yang menyedot perhatian masyarakat Solo ini juga menghadirkan pasukan berkuda. Tak ketiggalan, bendera tauhid panjang dan ribuan bendera Ar Royah dan Al Liwa berkibar disepanjang jalan Slamet Riyadi mewarnai parade ini.

red: adhila

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button