#Ramadhan 1441 H#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Universitas Al Azhar: Wabah COVID-19 Bukan Alasan untuk Tak Berpuasa Ramadhan

Kairo (SI Online) – Para ulama di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, mengatakan, wabah Covid-19 bukan alasan bagi umat Muslim untuk tidak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini.

Dalam sebuah pernyataan, Al Azhar mengatakan bahwa belum terbukti secara ilmiah, sampai saat ini, sebagaimana dinyatakan di situs Kantor Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Mediterania Timur, bahwa air minum adalah tindakan pencegahan terhadap infeksi virus ini.

“Tidak ada bukti bahwa penggunaan obat kumur melindungi terhadap infeksi dengan virus Corona yang muncul. Ada beberapa merek obat kumur yang dapat menghilangkan kuman tertentu selama beberapa menit dalam air liur di dalam mulut, tetapi ini tidak bukan berarti mereka mencegah infeksi dengan virus Corona,” ungkap Otoritas Al Azhar, seperti dilansir Al Arabiya, Ahad (19/4/2020).

“Oleh karena itu, tidak boleh bagi Muslim untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan kecuali secara ilmiah terbukti bahwa kegagalan untuk minum air memiliki efek kesehatan sebagai tindakan pencegahan untuk tertular penyakit ini. Keputusan mengenai hal itu tergantung pada dokter terpercaya, karena mereka adalah spesialis dalam hal ini, dan keputusan mereka mengikat untuk setiap Muslim apakah berpuasa atau tidak,” sambungnya.

Al-Azhar, bagaimanapun, menyoroti fakta bahwa jika seorang Muslim yang berpuasa ingin membasahi mulutnya, Islam telah mengizinkan berkumur dengan air selama wudhu, dengan syarat mereka tidak berlebihan sehingga air tidak tertelan, yang membatalkan puasa.

BACA JUGA: Ketum PBNU Imbau Masyarakat Shalat Tarawih di Rumah

Sementara itu, Mesir dan mayoritas negara Islam juga telah mengimbau agar Ramadhan ini umat Islam tidak menggelar shalat tarawih berjamaah dan juga buka puasa bersama, untuk menghalau penyebaran lebih lanjut Covid-19.

red: a. syakira

Artikel Terkait

Back to top button