INTERNASIONAL

ISIS-K Ngaku Dalangi Bom Bunuh diri di Masjid Syiah Kandahar

Kabul (SI Online) – Kelompok Negara Islam-Khorasan ( ISIS-K ) mengeklaim bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di kota Kandahar, Afghanistan, Jumat (15/10/2021). Serangan bom itu menewaskan sedikitnya 41 orang dan melukai puluhan lainnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di saluran Telegramnya, ISIS-K menyatakan bahwa dua pelaku bom bunuh diri melakukan serangan terpisah di berbagai bagian masjid saat para jamaah sedang menunaikan shalat di dalam masjid.

‚ÄúPembom bunuh diri pertama meledakkan rompi peledaknya di sebuah lorong masjid, sedangkan pengebom bunuh diri kedua meledakkan rompi peledaknya di tengah masjid,” sebut pernyataan itu, seperti dikutip dari New Strait Times, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Lagi, Bom Bunuh Diri Hantam Masjid Syiah Kandahar

Serangan di bagian selatan kota, yang juga merupakan jantung spiritual Taliban, terjadi hanya satu pekan setelah serangan bunuh diri mematikan terhadap jamaah Syiah di sebuah masjid di Kunduz utara, yang juga diklaim oleh kelompok ISIS-K.

Taliban, yang menguasai Afghanistan pada pertengahan Agustus setelah menggulingkan pemerintah yang didukung Amerika Serikat, memiliki catatan tersendiri soal perlakuan pada kaum Syiah.

Tetapi, pemerintah baru yang dipimpin Taliban telah berjanji untuk menstabilkan negara itu. Dan, setelah serangan Kunduz, Taliban berjanji untuk melindungi minoritas Syiah yang sekarang hidup di bawah kekuasaannya. []

Artikel Terkait

Back to top button