NASIONAL

Jenazah BJ Habibie Dimakamkan di TMP Kalibata

Jakarta (SI Online) – Jenazah mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Makam Habibie persis berada di samping makam istrinya, Hj Ainun Habibie di slot 120-121.

Jenazah Pendiri dan Ketua Umum ICMI pertama itu tiba tepat pukul 13.34 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Jenazah disambut dengan upacara militer. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Meski proses pemakaman dilakukan oleh pemerintah secara militer, namun lantunan kalimat tahlil terus dilantunkan masyarakat yang hadir. Begitu jenazah tiba di tenda atau lokasi pemakaman, sejumlah pejabat negara juga melantunkan kalimat tahlil.

Sejumlah tokoh pemerintah, tokoh politik dan perwakilan kedutaan juga terlihat hadir di lokasi pemakaman. Seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufidah Kalla, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wapres Try Sutrisno, Hamzah Haz dan Boediono juga nampak hadir. Selain itu juga nampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tampak pula, istri mendiang Gus Dur, Shinta Nuriyah bersama putrinya, Yenny Wahid, berjalan bersama rombongan tamu lainnya.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Rabu pukul 18.05 WIB.

red: asyakira/dbs

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close